get app
inews
Aa Read Next : Sopir Fortuner Arogan Ternyata Pengusaha, Cuma Ngaku-ngaku Adik Jenderal dan Bukan Anggota TNI

Inilah Kisah Chandra Putra Menjadi Reseller untuk Bayar Utang Keluarganya, Kini Punya 7 Perusahaan

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:14 WIB
header img
Kisah Chandra Putra, seorang pengusaha, motivator, dan YouTuber sukses ini benar-benar menunjukkan bahwa proses tak pernah mengkhianati hasil.Foto: Insragram@chandra putra

JAKARTA, iNews.id - Kisah Chandra Putra, seorang pengusaha, motivator, dan YouTuber sukses ini benar-benar menunjukkan bahwa proses tak pernah mengkhianati hasil.

Tidak ada yang menyangka, kisah sukses Chandra Putra dimulai dari menjadi reseller demi membayar utang keluarga dan kini memiliki 7 perusahaan di bawah naungan CPN Group.

Chandra sering menjadi pembicara dalam forum bisnis untuk entrepreneur muda. Dia memiliki saluran YouTube bernama "Success Before 30" dan tidak ragu untuk menceritakan kisah masa lalu keluarganya yang jatuh miskin karena terlilit utang.

Sejak usia 12 tahun, Chandra sering membantu berjualan di toko hasil bumi milik ayah dan toko kelontong milik pamannya. Dari situlah, bakatnya sebagai penjual terasah.

Pada tahun 1994, Chandra menyelesaikan pendidikan SMA dan melanjutkan studinya di Fakultas Teknik Industri, Universitas Surabaya.

Namun pada tahun 1996, Chandra menghadapi kesulitan karena usaha yang didirikan ayahnya bangkrut akibat utang bank. Masalah itu semakin diperparah oleh utang ibunya sebesar Rp400 juta karena ditipu oleh mitra bisnis.

Ayahnya terpaksa menjual rumah dan toko untuk membayar utang ke bank, dan keluarga mereka harus pindah ke rumah kontrakan. Sayangnya, hasil penjualan rumah dan toko tersebut belum cukup untuk melunasi semua utang.

Chandra kemudian memutuskan untuk menjadi guru les privat untuk menambah uang saku dan membayar uang kuliah.

Saat itu, Chandra mulai mengenal dunia direct selling/penjualan di KK Indonesia, salah satu perusahaan multinasional terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang distributor produk kecantikan dan kesehatan berbasis di Thailand.

Dia terjun ke bisnis ini sebagai reseller KK Indonesia. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, Chandra berhasil mencapai posisi Diamond Star Director di KK Indonesia dan mencapai jenjang karier tertinggi sebagai Crown Star Director pada Juli 2000.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut