get app
inews
Aa Read Next : Sopir Fortuner Arogan Ternyata Pengusaha, Cuma Ngaku-ngaku Adik Jenderal dan Bukan Anggota TNI

Inilah Kisah Chandra Putra Menjadi Reseller untuk Bayar Utang Keluarganya, Kini Punya 7 Perusahaan

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:14 WIB
header img
Kisah Chandra Putra, seorang pengusaha, motivator, dan YouTuber sukses ini benar-benar menunjukkan bahwa proses tak pernah mengkhianati hasil.Foto: Insragram@chandra putra

Setelah melalui perjuangan selama sekitar 5 tahun, Chandra akhirnya berhasil melunasi semua utang orang tuanya pada tahun 2003. Bagi Chandra, KK Indonesia merupakan langkah awalnya dalam dunia bisnis. Saat ini, Chandra adalah salah satu Co-Founder dari 10 orang pendiri KK Indonesia.

"Sebagai salah satu Co-Founder KK Indonesia, pada saat perusahaan ini didirikan hanya ada 10 orang dan Managing Director-nya adalah Dato Dr Andrew Ho dari Malaysia," ujar Chandra.

Setelah sukses di KK Indonesia, Chandra meluaskan bisnisnya dengan mendirikan Graha Kencana Interior. Dia menjabat sebagai Komisaris di perusahaan ini. Kemudian pada tahun 2012, dia memulai anak usaha ketiganya dengan mendirikan CPN Publishing dengan modal awal Rp150 juta.

Anak usaha keempat yang didirikannya adalah CPN Training & Consulting, yang memberikan jasa pelatihan kepada perusahaan swasta maupun BUMN. Kemudian, pada tahun 2015, CPN Media didirikan sebagai anak usaha kelima.

Dia menginvestasikan modal sebesar Rp300 juta untuk mengoperasikan empat saluran YouTube dan situs Successbefore30. Kemudian, pada tahun 2018, anak usaha keenamnya, SB30 Store, didirikan dengan modal awal Rp200 juta, menjual merchandise Successbefore30 seperti kaos, topi, hoodie, payung, dan lainnya.

"Pada bulan Juni 2019, saya mendirikan anak usaha ketujuh, AHHA Store, di Surabaya dengan modal awal Rp1 miliar dan bermitra dengan Atta Halilintar sebagai mitra resmi untuk penjualan produk AHHA di Surabaya dan Jawa Timur," ungkap Chandra.

Ketujuh anak perusahaan tersebut didirikan sebagai langkah Chandra dalam melakukan diversifikasi bisnis dan mengintegrasikan ekosistem bisnis. Meskipun sudah sukses sebagai pengusaha, motivator, dan YouTuber dengan saluran "Success Before 30", pengusaha asal Surabaya ini bermimpi untuk mencetak pengusaha-pengusaha baru dalam ekosistem bisnisnya.

"Ke depannya, kami tetap berkomitmen untuk berkontribusi dan membantu bangsa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia karena visi CPN Group adalah Go 1 persen, yaitu 1 persen penduduk Indonesia harus menjadi pengusaha," ujar Chandra.

Demikianlah kisah Chandra Putra, yang memulai bisnisnya sebagai reseller dan kini memiliki 7 perusahaan seperti yang dikumpulkan oleh iNews.id dari berbagai sumber, pada Senin (28/11/2022). Semoga kisah ini menginspirasi generasi muda yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut