get app
inews
Aa Read Next : Gerakan 10.000 USG Payudara, Love Pink-Siloam Hospitals TB Simatupang Bersatu Lawan Kanker Payudara

Grup RS Siloam Rayakan 1 Dekade RS Siloam TB Simatupang

Sabtu, 03 Juni 2023 | 14:40 WIB
header img
Grup RS Siloam merayakan hari jadi RS Siloam TB Simatupang yang ke-10 dengan tema "Siloam for Everyone's Heart". Foto: IST

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Grup RS Siloam merayakan hari jadi RS Siloam TB Simatupang yang ke-10 dengan tema "Siloam for Everyone's Heart". Perayaan ini merupakan wujud komitmen Grup RS Siloam untuk terus hadir dalam melayani kebutuhan kesehatan di Indonesia.

Selama 1 dekade, RS Siloam TB Simatupang telah membawa beberapa pusat layanan unggulan yang komprehensif, salah satunya adalah pusat kardiologi.

Hingga saat ini, RS Siloam TB Simatupang telah melakukan lebih dari 2.700 tindakan prosedur kardiologi, termasuk pemasangan stent jantung (PCI), katerisasi jantung (CABG), operasi jantung terbuka, dan ablasi jantung.

Dalam perayaan ini, RS Siloam TB Simatupang mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai layanan kardiologi untuk penderita fibrilasi atrium atau gangguan irama jantung (aritmia) menggunakan metode cryoablation.

Metode ini dilakukan secara minimal invasif dengan menggunakan energi beku di bawah 40 derajat Celsius yang diarahkan ke serambi jantung untuk memberikan efek terapi. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan metode radioterapi, namun dengan risiko yang lebih rendah. RS Siloam TB Simatupang menjadi rumah sakit swasta pertama di Jakarta yang mampu melakukan tindakan ini.

Menurut data dari Perkumpulan Kardiologi Indonesia tahun 2019, terdapat lebih dari 37 juta kasus penderita aritmia di dunia atau sekitar 0,51% dari total populasi dunia. Jumlah penderita aritmia juga meningkat sebesar 33% dalam 20 tahun terakhir.

Di Jakarta, menurut penelitian dari Multinational Monitoring of Trend and Determinant in Cardiovascular Disease tahun 2021, angka kejadian gangguan irama jantung tercatat sebesar 0,2% dari jumlah populasi perkotaan di Jakarta. Hal ini juga dipengaruhi oleh peningkatan persentase populasi lanjut usia di Indonesia dari 8% pada tahun 2005 menjadi perkiraan 29% pada tahun 2050.

Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan kesehatan jantung di masyarakat, RS Siloam TB Simatupang menyelenggarakan pemeriksaan EKG gratis bagi peserta Fun Run dan Mini Duathlon yang diadakan pada tanggal 3 Juni 2023 di kawasan Tokyo Hub Pantai Indah Kapuk 2.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut