Logo Network
Network

Deretan Mobil Tiongkok Siap Hadir Di GIIAS 2023

Wahyu Sibarani
.
Senin, 05 Juni 2023 | 11:31 WIB
Deretan Mobil Tiongkok Siap Hadir Di GIIAS 2023
Keempat merek mobil China tersebut benar-benar baru datang ke Indonesia. (Foto: Dok. Ilustrasi iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan dimeriahkan dengan kehadiran empat merek mobil China. Keempat merek mobil China tersebut benar-benar baru datang ke Indonesia. Tidak seperti beberapa mobil China lain yang sudah lebih dulu mengenal Indonesia lebih baik seperti Chery.

Nah keempat merek mobil China itu adalah Neta, Tank, Ora, dan Haval. Menariknya, keempat merek mobil China itu akan berada di bawah payung grup otomotif besar di Indonesia yakni Indomobil Group.

Jadi keempat merek mobil China itu setidaknya akan dibimbing dengan baik dalam memasarkan mobil mereka di pasar otomotif Tanah Air.

Lalu seperti apa sih profil keempat merek mobil China itu? Yuk cermati di bawah ini:

  1. Neta

Saat ini mobil-mobil Neta sudah lebih dulu menyapa masyarakat Thailand dan Malaysia. Berbeda dengan perusahaan otomotif besar lainnya seperti Chery, Wuling, Great Wall, dan Geely, Neta justru lebih tepat dikategorikan sebagai perusahaan rintisan atau start up. Meski demikian Neta justru didirikan oleh mantan petinggi Chery yang sangat berpengaruh yakni Fang Yunzhou. Dia adalah sosok yang sangat penting dalam membuat mobil-mobil energi baru di Chery. Kini dia melakukan hal yang sama di Neta. Apalagi dia kemudian mendapat bantuan dari Wang Wenxue, pendiri dan CEO dari China Fortune. Kolaborasi keduanya berhasil membuat mobil-mobil listrik yang sangat moderen dan terjangkau. Salah satu bentuknya diwujudkan di mobil listrik Neta V, Neta S, dan Neta U. Nah beberapa mobil itu akan hadir di Indonesia di ajang GIIAS 2023.

2. Tank

Bukan, Tank bukanlah perusahaan mobil yang memproduksi kendaraan militer tank. Tank justru adalah anak perusahaan dari Great Wall Motor (GWM). Perusahaan dengan logo T dan U ini diluncurkan oleh GWM pada 2021 di pameran Shanghai Auto Show.

Kendaraan yang diproduksinya cukup beragam, mulai dari Tank 300, Tank 300 City, Tank 300 Border dan Tank 500. Khusus model 300, kendaraan ini cocok untuk digunakan di medan off road. Model Tank 500 baru diluncurkan tahun ini, dan memiliki desain premium. Penggeraknya menggunakan mesin bensin biasa, hingga plug-in hybrid EV.

  3.Haval

Haval berfokus pada kendaraan dengan ground clearance tinggi, seperti SUV dan crossover. Merek ini dirilis oleh Great Wall Motor pada Maret 2013. Di China, perusahaan ini memiliki 8 pabrik. Letaknya di Baoding, Xushui, Tianjin, Yongchuan, Zhangjiagang, Rizhao, Pinghu, dan Taizhou.

Sementara, fasilitas perakitan di luar China terletak di beberapa negara, seperti Malaysia, Ekuador, Tunisia dan Bulgaria. Terbaru, jenama ini membuka pabriknya di Rusia, yang mulai melakukan produksi di 2019. Model pertama yang dijual oleh perusahaan ini adalah Haval H6.

Saat ini, model tersebut sudah memasuki generasi ketiga. Bicara spesifikasi, ada dua plihan mesin yang ditawarkan yakni 1.500 cc dan 2.000 cc. Keduanya dikombinasikan dengan transmisi dual clutch. Kedua, ada Haval H9 yang diluncurkan sejak 2014. Kendaraan yang punya tampang ala Land Cruiser ini, dibekali dengan mesin 2.000 cc. Itu dikombinasikan dengan transmisi otomatik AT delapan percepatan. Tipe global lainnya adalah Haval Jolion, Haval F7 dan Haval F7x. Semuanya mengusung bahasa desain yang sama, menganut lekuk bodi SUV yang generik.

 

4.Ora

Merek ini dirilis pada 2018 lalu yang fokusnya pada kendaraan listrik. Ini merupakan langkah lanjut dari joint venture antara BMW dan jenama asal China itu. Ora diambil dari nama matematikawan, Leonhard Euler. Selain itu, Ora juga merupakan singkatan dari Open, Reliable dan Alternatif. Open artinya bisnis yang dijalankan menguntungkan satu sama lain. Reliable adalah kendaraan yang diproduksi berkualitas tinggi, dinamis dan tak perlu khawatir tentang jarak tempuh. Sementara, alternatif maksudnya mobil yang dihadirkan berbeda, cerdas dan menawarkan otomasi berkendara untuk kendaraan elektrifikasi murni. Perusahaan ini punya beberapa model yang ditawarkan, seperti hatchback listrik Ora Good Cat, hatchback berukuran sedang dengan desain retro Ora Ballet Cat. Ada juga Ora Lightning Cat yang mengisi segmen fastback.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kuartet Mobil China Ini Bakal Bikin Gempar Indonesia, Siap-siap Melantai di GIIAS 2023 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/kuartet-mobil-china-ini-bakal-bikin-gempar-indonesia-siap-siap-melantai-di-giias-2023/all.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.