get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia, 5 Kurma Paling Mahal di Dunia

Upacara Kematian hingga Rp5 Triliun, Termahal di Dunia

Senin, 19 Juni 2023 | 06:52 WIB
header img
Upacara kematian termahal di dunia diketahui dicatatkan sejumlah tokoh. Salah satunya ditempati oleh pemakaman Ratu Elizabeth II pada, Senin 19 September 2022. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Upacara kematian termahal di dunia diketahui dicatatkan sejumlah tokoh. Upacara kematian atau prosesi pemakaman di sebagian negara memiliki tradisi tersendiri dan pasti tidaklah murah. 

Pemakaman Alexander The Great dikatakan sebagai pemakaman termahal dalam sejarah. Dua tahun dalam perencanaan, jenazah Raja dikatakan telah diawetkan dalam madu sementara para pengrajin membangun peti emas dan kereta pemakaman yang akan membawa jenazahnya dari Babel ke Makedonia.

Prosesi pemakaman termahal selanjutnya ditempati mantan Presiden Korea Utara, Kim Jong Il hingga Ratu Elizabeth II.

Berikut daftar upacara kematian termahal di dunia:

1. Alexander The Great

Raja dari Yunani Makedonia selama abad ke-4 SM, Alexander The Great disebut menjadi upacara kematian termahal di dunia. Peti matinya saja terbuat dari lapisan emas dan diangkut dengan menggunakan kereta emas yang ditarik 60 ekor kuda.

Jasad Raja Yunani itu kemudian dibawa ke Mesir dan memakan waktu hingga dua tahun. Biaya seluruh pemakaman Alexander The Great disebutkan setara 600 juta dolar AS atau setara Rp5,44 triliun pada 2011.

2. Kim Jong Il

Kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, menjadi satu peristiwa paling diingat oleh warganya. Pemerintah Korea Utara disebutkan telah menggelontorkan sejumlah uang untuk mengukir nama Kim Jong Il dan sang ayah, Kim Il Sung, di Towers of Eternal Life.

Untuk pemakamannya, pemerintah Korut sampai harus memesan pengawet jenazah langsung dari Rusia dan membuat peti mati khusus yang terbuat dari kaca.

Sementara, untuk pemeliharaan jenazah Kim Jong Il diperkirakan mencapai 2,5 juta dolar AS per tahun atau setara Rp37,40 miliar. Pemakaman Kim Jong Il diperkirakan telah menghabiskan biaya hingga 40 juta dolar AS atau setara Rp598,45 miliar.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut