get app
inews
Aa Read Next : Proyek Kereta Cepat Lanjut Hingga Surabaya, Jarak Tempuh 2 Jam

Dijuluki Komodo Merah, Begini Interior Kereta Cepat Jakarta - Bandung

Selasa, 04 Juli 2023 | 21:41 WIB
header img
Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk penumpang yang dijuluki Komodo Merah. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi pada Agustus 2023, seiring peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Saat ini, uji coba telah dilakukan untuk rangkaian kereta penumpang KCJB yang dijuluki Komodo Merah.  

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Inconesia China (KCIC), Emir Monti, membeberkan kontraktor telah memulai uji coba rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang KCJB. Sebelumnya, uji coba dilakukan melalui Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi hingga kecepatan 350 km/h.

"Saat ini pengujian sudah memasuki tahap selanjutnya yaitu pengujian untuk rangkaian Kereta Penumpang dengan pola uji coba belum diperuntukkan mengangkut penumpang," kata Emir, dalam keterangan, Selasa (4/7/2023). 

Dia menjelaskan, rangkaian Kereta Penumpang KA Cepat memiliki tipe KCIC400AF yang sama dengan Kereta Inspeksi namun berbeda fungsi, interior, dan eksteriornya. Pada Kereta Inspeksi yang dipenuhi ruang rapat dan peralatan pengukuran, Kereta Penumpang berfungsi untuk melayani penumpang sehingga di dalamnya terdapat fasilitas tempat duduk hingga 601 penumpang.

"Selain interiornya, perbedaan juga terlihat pada eksteriornya di mana Kereta Inspeksi berwarna abu-abu dan kuning, sementara Kereta Penumpang berwarna abu-abu dan merah," ujar Emir.

Emir mengatakan, Kereta Penumpang pada KA Cepat juga memiliki nama Red Komodo atau Komodo Merah. Hal itu didasari dari rangkaian yang berwarna merah serta bentuknya yang terinspirasi dari hewan khas Indonesia dari zaman prasejarah. Eksterior Kereta Penumpang juga terinspirasi dari sisik Komodo yang tercermin dalam corak segitiga di hidung dan pintu-pintu kereta. 

 

Interior Toilet KCJB

Interior Toilet KCJB

Sementara itu, 11 rangkaian Kereta Penumpang KA Cepat yang telah tiba seluruhnya di Indonesia. Seluruh rangkaian kereta saat ini terparkir di Depo Tegalluar dan bersiap untuk disertifikasi oleh Kementerian Perhubungan guna memastikan kelayakan operasional kereta. 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut