get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES : Nurhayati Raih Sukses Berkat Dodol D'Tungku Bojonggede

Bayi Tertukar di Bogor, Ini Respons RS Sentosa Bogor akan Dipolisikan

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 19:02 WIB
header img
RS Sentosa Bogor merespons rencana dua orang tua bayi tertukar untuk melaporkan masalah tersebut ke polisi. (Foto/Ilustrasi : Ist)

BOGOR, iNewsSerpong.id - Upaya Rumah Sakit (RS) Sentosa Bogor menyelesaikan secara damai dan kekeluargaan kasus bayi tertukar terancam kandas. Kedua orang tua bayi tertukar itu berencana membuat laporan polisi.

"Sekarang ini bagaimana rumah sakit dengan kedua orang tua. Kami tetap pada prinsipnya sebagaimana di awal dulu, kita tidak lupa. Kita tetap ingin semua penyelesaian damai dan kekeluargaan," ujar Juru Bicara RS Sentosa Bogor, Gregg Djako, Sabtu (26/8/2023).

"Seperti yang kita saksikan semalam antara keluarga berdamai, kami juga berharap perdamaian juga. Lalu kemudian proses penyelesaian terbaik secara kekeluargaan, bisa juga dilakukan dalam rumah sakit, kami juga berharap begitu," kata Gregg.

Kendati demikian, dia mengapresiasi upaya polisi bersama pihak untuk menyelesaikan permasalahan kasus bayi tertukar tersebut.

Hormati Orangtua Bayi

"Ya rumah sakit pada prinsipnya menghormati dan menghargai setiap hak hukum orang. Tadi malam sudah bertemu dan kemudian sudah jelas tertukar sama siapa, itu semua harus diapresiasi langkah kepolisian mengundang semua stakeholder dari KPAI, PMK, Dinsos. Artinya bahwa satu poin sudah kita lewati bersama," tutur Gregg.

Dia mengatakan, sejauh ini rumah sakit selalu kooperatif dan terbuka untuk turut serta membantu persoalan, termasuk sudah mendapat sanksi sosial dan lainnya.

"Rumah sakit sudah mendapat sanksi sendiri yaitu sanksi sosial, kedua menjadi sorotan negatif. Itu juga sebenarnya kami harap menjadi pertimbangan. Rumah sakit dari awal tidak pernah menutup diri, supaya kita bisa membicarakan ini," katanya.

Di sisi lain, lanjut Gregg, sanksi lanjutan kepada tenaga kesehatan yang diduga terlibat dalam masalah itu masih akan dirapatkan malam ini. "Ini baru hasil pertemuan nanti malam, terkait ini memang akan menjadi satu opsi yang harus kami sampaikan ke manajemen rumah sakit," katanya.

Sebelumnya, polisi telah menyampaikan hasil tes DNA antara bayi laki-laki Siti Mauliah dengan bayi laki-laki pasien D dinyatakan tertukar. Pengumuman tersebut diterima dengan baik oleh kedua keluarga setelah melakukan mediasi di Polres Bogor. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ini Respons RS Sentosa Bogor Akan Dipolisikan Orang Tua Bayi Tertukar ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/ini-respons-rs-sentosa-bogor-akan-dipolisikan-orang-tua-bayi-tertukar/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut