get app
inews
Aa Read Next : Mudah, Cara Cari Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi Tambahan

HIKMAH JUMAT : Muslim Itu Laksana Satu Tubuh

Jum'at, 03 November 2023 | 05:37 WIB
header img
Persaudaraan sesama muslim tengah diuji dengan serangan zionis Israel kepada warga di Palestina khususnya di Jalur Gaza. (Foto : Ist)

Bisa jadi kakinya yang sakit karena tersandung, namun dengan segera mulutnya mengaduh, matanya cepat memandang ke arah yang sakit, dan tangannya langsung memegang bagian yang sakit. Bahkan, bisa jadi sekujur tubuhnya pun akan merasakan demam jika sakitnya keterusan.

Begitu pula kita sesama muslim. Ketika saudara kita di Palestina menderita dan terus bertambah penderitaannya, maka sudah seharusnya lah kita semua berperan sesuai dengan tugas dan kemampuan kita membantu saudara kita di Palestina.

Masing-masing dari kita memiliki peranan, yang dengan peranannya itu dapat membantu saudara kita di Palestina. Ada yang ahli narasi, maka dengan narasinya bisa menggambarkan peristiwa di Palestina yang membuat orang lain ikut turut serta peduli terhadap saudara kita di Palestina.

Ada yang ahli berdiplomasi seperti Ibu Retno Marsudi Menteri Luar Negeri kita, yang dengan sangat gigih dan luar biasa menyampaikan pidatonya di hadapan sidang majelis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Dengan diplomasinya itu, mampu mempengaruhi sikap negara-negara lain.

Ada yang berprofesi sebagai wartawan, dia mampu memberikan informasi yang lengkap terkait dengan situasi dan kondisi di Palestina, sehingga dengan informasinya yang jujur dan berimbang, membuat kejahatan dan kebenaran dapat dibuka dengan terang-benderang.

Begitu pula dengan seorang pendakwah. Dia dapat menyeru jamaahnya untuk bersedekah dan mendo’akan dalam rangka membantu saudara-saudara kita di Palestina. Demikian pula dengan peran-peran lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka memang letaknya jauh dari mata, namun dekat di hati kita. Terlebih lagi, sejarah mencatat bahwa Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Adalah mufti besar Palestina, Amin al-Husseini, yang sejak tanggal 6 September 1944, telah mengakui kemerdekaan negara kita.

Jadi, sebagai seorang muslim sekaligus bangsa Indonesia kita harus selalu dan terus membantu dan membela saudara kita di Palestina. Karena, secara yuridis, religius, dan historis, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak membantu dan membela saudara-saudara kita di Palestina. 

Terakhir, di hari Jum’at yang agung ini, mari kita bermunajat kepada Allah SWT agar Allah segera menghancurluluhkan zionis Israel, memberikan kekuatan, pertolongan serta memberikan ketenangan jiwa bagi para mujahid dan saudara-saudara kita di Palestina. Semoga Allah mengabulkan do’a kita. (*)


Sesama muslim adalah laksana satu tubuh. Jika salah satu bagian tubuh ada yang sakit, maka bagian tubuh yang lain ikut merasakan sakitnya. (Foto : Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut