get app
inews
Aa Read Next : Mudah, Cara Cari Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi Tambahan

HIKMAH JUMAT : Muslim Itu Laksana Satu Tubuh

Jum'at, 03 November 2023 | 05:37 WIB
header img
Persaudaraan sesama muslim tengah diuji dengan serangan zionis Israel kepada warga di Palestina khususnya di Jalur Gaza. (Foto : Ist)

Lebih lanjut lagi Baginda Rasulullah SAW memberikan ilustrasi yang sangat indah terkait dengan persaudaraan sesama orang yang beriman dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasai sebagai berikut:

“Sesungguhnya di sekitar Arsy terdapat mimbar-mimbar dari cahaya. Di atasnya ada kaum yang mengenakan pakaian dari cahaya dan wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada. Mereka didengki oleh para nabi dan syuhada.”

Para sahabat Nabi bertanya: “Siapakah mereka itu, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab: “Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling berkumpul karena Allah, dan saling mengunjungi karena Allah.”

Kita mungkin tidak mengenal secara pribadi dengan saudara-saudara kita di Palestina. Tetapi kita memiliki iman yang sama, Tuhan yang sama, Rasul yang sama dan agama yang sama. Maka, bagi siapa saja yang ingin memiliki keutamaan seperti hadits nabi di atas, cintailah dan bantulah saudara-saudara kita karena Allah.

Baginda Rasulullah SAW menggambarkan bahwa sesama muslim adalah laksana satu tubuh. Jika salah satu bagian tubuh ada yang sakit, maka bagian tubuh yang lain ikut merasakan sakitnya. Sebagaimana sabda Baginda Rasulullah SAW yang artinya:

“Kamu akan melihat kaum mukminin dalam kasih sayang dan cinta-mencintai, pergaulan mereka bagaikan suatu badan, jika satu anggotanya sakit, maka menjalarlah kepada bagian anggota lainnya sehingga badannya terasa panas.” (HR. Bukhari).

Demikian pula dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Baginda Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Perumpamaan orang-orang beriman dalam rasa cinta, kasih sayang, dan kelemahlembutan di antara mereka adalah seperti tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuhnya merasa sakit, maka seluruh tubuh itu juga merasakannya dengan begadang dan demam.”

Begitulah persaudaraan sejati antara sesama muslim terlebih lagi mukmin. Muslim itu laksana satu tubuh, sebagaimana telah diilustrasikan oleh Baginda Rasulullah SAW dalam dua hadits di atas.


Serangan tentara zionis Israel baik melalui udara maupun jalur darat, telah menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa tak berdosa. (Foto : Ist)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut