get app
Aa Read Next : Finlandia Duduki Urutan Pertama dari 20 Negara Paling Bahagia

Kaca Mobil Anti Kabut Diciptakan Ilmuwan dari Bahan Daur Ulang

Sabtu, 18 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Lapisan kaca anti kabut ini menggunakan lignin, limbah dari pembuatan kertas dan bubur kertas. (Foto : The Cool Down)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Para ilmuwan di Finlandia sedang melakukan eksperimen dengan menggunakan limbah industri kertas untuk menciptakan pelapis kaca anti-kabut.

Mereka mengembangkan terobosan ini di laboratorium unggulan FinnCERES dari Akademi Finlandia dengan menggunakan lignin, limbah sulit untuk diolah dari pembuatan kertas dan bubur kertas, untuk menciptakan lapisan transparan yang mencegah kabut pada kacamata dan jendela kendaraan.

Lignin, yang biasanya dibakar untuk menghasilkan panas, diubah menjadi alternatif lapisan sintetis dengan memanfaatkan polimer alami, menciptakan penyerap karbon yang lebih efisien.

Teknologi Anti Kabut

Meskipun penggunaan lignin untuk teknologi anti-kabut bukan hal baru, menciptakan permukaan transparan dalam prosesnya selama ini sulit dicapai.

Peneliti doktoral Alexander Henn, penulis utama studi ini, mengungkapkan bahwa penyemprotan optik harus transparan, namun sejauh ini bahkan film partikel lignin yang agak tipis pun terlihat.

Proses pembuatan lapisan yang bening, tahan kabut, dan reflektif ini cukup cepat dan memanfaatkan esterifikasi. Proses kimia unik ini hanya membutuhkan beberapa menit dalam lingkungan yang dipanaskan hingga sekitar 140 derajat Fahrenheit.

Penemuan tambahan dari penelitian ini adalah bahwa proses ini dapat menciptakan "film" dan lapisan "fotonik" berwarna, yang memiliki aplikasi luas dalam berbagai industri, termasuk kedokteran dan elektronika.

Para peneliti percaya bahwa teknik ini, yang telah terbukti layak melalui studi kelayakan, dapat diadopsi secara efektif di tingkat industri. (*)