get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

Produsen tak Kehilangan Akal Tarik Konsumen, Penjualan Motor Listrik Sepi Peminat

Kamis, 23 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Electrum meluncurkan motor listrik pertama mereka yang menjawab semua keraguan terhadap motor listrik. (Foto : Muhamad Fadli Ramadan)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Target pemerintah dalam penjualan sepeda motor listrik masih jauh dari yang diharapkan. Padahal telah diberikan stimulus berupa subsidi sebesar Rp7 juta.

Ternyata, harga yang tinggi dan keterbatasan dalam pengisian daya baterai menjadi alasan utama konsumen kurang meminati motor listrik.

Motor listrik berkualitas tinggi umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, proses pengisian daya baterai juga memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 3-4 jam.

Electrum dengan Seri Baru

Menyikapi situasi ini, Electrum telah merilis motor listrik pertama mereka yang mengatasi semua kekhawatiran terkait motor listrik. Hal ini terwujud melalui Electrum H5 yang memperkenalkan sistem penukaran baterai, menjadikan penggunaan motor listrik lebih efisien.

“Electrum fokus pada pengembangan ekosistem kendaraan listrik, dan hari ini kami meraih pencapaian dengan meluncurkan H5, motor listrik yang dirancang khusus untuk kondisi jalan di Indonesia,” kata CEO Electrum, Jack Yang, di Jakarta, pada Kamis (9/11/2023).

Selain memperkenalkan motor listrik terbaru, Electrum juga memperkenalkan teknologi pendukung seperti Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital yang memudahkan konsumen.

“Kami percaya peluncuran motor dan perluasan BSS memperkuat komitmen kami untuk membangun ekosistem motor listrik yang komprehensif. Kami tidak hanya menawarkan harga terjangkau, tetapi juga efisiensi,” tambah Jack.

Namun, untuk saat ini, Electrum H5 belum tersedia secara luas, tetapi bekerja sama dengan layanan GoRide Electric dari Gojek. Ini merupakan perluasan dari proyek pilot motor listrik yang dilakukan oleh Grup GoTo.

Pada tahap awal, tersedia 500 unit motor listrik H5 untuk layanan GoRide Electric yang akan tersedia secara bertahap hingga akhir tahun 2023. Seluruh unit tidak dijual, tetapi disewakan, baik motor maupun baterainya. Electrum juga sedang mempersiapkan infrastruktur BSS, dengan rencana menyediakan 150 unit BSS hingga akhir tahun ini.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai mitra strategis, termasuk Pertamina," kata Patrick, Managing Director Electrum. Meskipun Electrum belum memberikan informasi secara terperinci tentang biaya sewa bagi pengemudi ojek online, Patrick mengungkapkan bahwa biaya sewa untuk satu baterai adalah Rp48.000 dan untuk dua baterai adalah Rp52.000. (*)

 

Artikel ini telah dipublikasikan di halaman SINDOnews.com pada Jumat, 10 November 2023 - 07:36 WIB oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "Motor Listrik Sepi Peminat, Ini Cara Produsen Tarik Konsumen". Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi: https://otomotif.sindonews.com/read/1247847/121/motor-listrik-sepi-peminat-ini-cara-produsen-tarik-konsumen-1699575069

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut