get app
inews
Aa Read Next : 20 Ton Sampah dari Serpong, Polisi Tindak TPS Ilegal di Bantaran Sungai Cisadane

Moch Maesyal Rasyid : Sampah Sungai Cisadane Tanggung Jawab Bersama, Tinjau Kapal Neon Moon II

Selasa, 28 November 2023 | 18:47 WIB
header img
Sekda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid,  tinjau Kapal Interceptor Sampah - Neon Moon II. (Foto : Pemkab Tangerang)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Penanganan sampah di Sungai Cisadane bukan hanya tanggung jawab Kabupaten Tangerang, tetapi semua wilayah yang dilalui Sungai Cisadane, seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor di bagian hulu di utara Kabupaten Tangerang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid,  saat melakukan peninjauan Kapal Interceptor Sampah - Neon Moon II di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, pada Senin (29/11/2023).

Kapal Interceptor Sampah yang bertugas membersihkan sampah di Sungai Cisadane merupakan hasil bantuan dari The Ocean Cleanup dan Coldplay. Saat kunjungan Sekda didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi, Kepala Bapeda, Ujang Sudarsono, Camat Teluknaga, Zamzam Manohara, serta tim dari The Ocean Cleanup Belanda.

Tangani Sampah Plastik

"Penanganan sampah adalah tanggung jawab kita bersama. Kami berharap kehadiran Kapal Neon Moon II ini dapat memperbaiki penanganan sampah di sungai, terutama sampah plastik, menjadi lebih baik lagi," ujar Sekda Maesyal Rasyid.

Dia melanjutkan bahwa Kapal Neon Moon II, yang akan beroperasi sebagai pembersih sampah Sungai Cisadane, diharapkan mampu menampung sekitar 6 ton sampah plastik dari sungai tersebut untuk kemudian dibawa ke tempat penampungan sampah dan diolah kembali.

"Kapal Neon Moon ini, saat dioperasikan, dapat menampung 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane dan kemudian dibawa ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali," ungkapnya.

Sekda menyampaikan terima kasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam Belanda atas bantuan kapal pembersih sampah untuk Pemerintah Kabupaten Tangerang, yang saat ini sudah berada di Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang.

"Terima kasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam, semoga kapal ini segera dapat kita operasikan untuk mengurangi sampah plastik yang terbawa oleh aliran Sungai Cisadane, dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama nantinya," ucapnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut