get app
inews
Aa Read Next : Tutup Pentil Ban Jangan Sepelekan, Memiliki Fungsi Penting untuk Keamanan

Saat Musim Hujan, ini 3 Tips Memilih Ban Motor yang Tepat

Sabtu, 23 Desember 2023 | 05:03 WIB
header img
Memilih ban motor yang tepat di musim hujan sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. (Foto: DAM)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara di musim hujan, perhatikan ban sebagai salah satu faktor yang sangat menentukan.

Kondisi jalan yang basah dan genangan air dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika ban motor sudah aus atau mengalami kebotakan. Karena itu, perhatikan kondisi ban dan segera ganti dengan ban baru jika sudah tidak layak.

Memilih ban baru dengan tepat juga penting untuk perjalanan aman di musim hujan. Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh Wahana Honda:

Tips Memilih Ban Motor yang Tepat untuk Musim Hujan:

1. Motif pada Ban:

Motif ban membantu dalam mengatasi genangan air pada jalan. Saat memilih, perhatikan motif yang bisa membantu 'memecah' air, membuat motor tetap stabil saat melintasi genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras.

Hindari genangan air yang terlalu dalam, meski ban memiliki kembangan atau motif yang rapat karena ada risiko terguling. Semakin rapat kembangan, semakin baik kemampuan ban untuk menyingkirkan air di jalan, meningkatkan daya cengkram ban pada aspal.

2. Teknologi Silica pada Ban:

Ban dengan teknologi silica mampu mempertahankan cengkeraman kuat pada permukaan jalan yang licin dan basah akibat hujan.

Ban ini membantu mencegah selip saat bermanuver atau menikung. Keunggulannya, teknologi silica membuat ban lebih tahan lama, hingga 80% lebih awet dibandingkan ban biasa.

3. Ban Standar:

Penggunaan ban standar rekomendasi pabrikan adalah pilihan termudah. Pabrikan ban biasanya sudah mempertimbangkan kondisi jalanan di Indonesia, termasuk saat hujan. Namun, pastikan kedalaman kembangan ban masih memadai untuk keselamatan berkendara. Ban yang sudah tipis perlu segera diganti. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 02 Desember 2023 - 14:08 WIB oleh Muhammad Fadli Ramadan dengan judul "3 Tips Memilih Ban Motor yang Tepat saat Musim Hujan".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut