get app
inews
Aa Read Next : Arvin dan Faiq Sukses Olah Limbah Kulit Pepaya dan Bonggol Nanas jadi Deterjen Ramah Lingkungan

Rumah tak hanya Bersih, Harus Sehat dan Ramah Lingkungan

Kamis, 07 Desember 2023 | 22:27 WIB
header img
Rumah bersih, sehat dan ramah lingkungan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Semakin populer di kalangan anak muda dengan gaya hidup sehat. Tak hanya fokus pada tren olahraga, generasi milenial hingga Gen Z kini banyak yang bermimpi memiliki rumah yang ramah lingkungan dan sehat.

Mereka tidak hanya ingin memiliki rumah, tetapi juga peduli terhadap lingkungan, berusaha menjadikannya bebas dari emisi dan zat karbon yang dapat membahayakan.

Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai status bebas emisi karbon.

Sejak era globalisasi, berbagai kebutuhan mudah diperoleh, namun berkembangnya teknologi juga berdampak pada meningkatnya emisi karbon di Indonesia.

Produk rumah tangga seperti cat dan pembasmi serangga diketahui membawa emisi gas CFC (Chlorofluorocarbon) yang dapat merusak lapisan ozon.

Bagaimana cara menciptakan rumah yang sehat dan ramah lingkungan?

1. Sirkulasi Udara:

Rumah yang sehat bukanlah hanya tentang ukuran luasnya, melainkan juga sirkulasi udara yang baik. Penting untuk memastikan udara bisa beredar dengan baik di seluruh rumah, bukan hanya melewati pintu masuk dan keluar.

2. Ruang Hijau:

Anda tidak perlu memiliki rumah yang besar untuk membuat taman mini dengan tanaman hijau. Tanaman dalam rumah dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan memproduksi oksigen, yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

3. Material Bangunan:

Saat membangun rumah, perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Pastikan cat rumah bebas dari emisi karbon. Niko Safavi, Presiden Direktur CEO Mowilex Indonesia, menekankan pentingnya langkah-langkah kecil dalam mendukung target pemerintah untuk Indonesia bebas karbon.

4. Kelembapan Lingkungan:

Lingkungan rumah yang lembap dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti infeksi pernapasan dan alergi. Jadi, rumah yang sehat dan ramah lingkungan harus menjaga kekeringan, bukan lembap.

5. Bebas dari Hama:

Lingkungan rumah yang sehat juga ditandai dengan ketiadaan hama seperti tikus atau kecoak. Kedua hama ini dapat membawa penyakit pada manusia, oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan rumah.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tak hanya Bersih, Ini Pentingnya Punya Rumah Sehat Ramah Lingkungan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/tak-hanya-bersih-ini-pentingnya-punya-rumah-sehat-ramah-lingkungan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut