get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Israel Bom Warga Gaza yang Antre Makanan, 20 Orang Tewas 150 Luka 

Konflik Rusia-Ukraina, Volodymyr Zelensky Perintahkan Ekspansi Militer Besar-Besaran

Rabu, 02 Februari 2022 | 06:23 WIB
header img
Tentara Ukraina dengan senjata anti-tank buatan AS. Presiden Volodymyr Zelensky memerintahkan ekspansi militer Ukraina besar-besaran ketika situasi negara itu di ambang perang dengan Rusia. Foto/REUTERS

KIEV,iNewsSerpong.id – Ketegangan antara Rusia dan Ukraina makin memuncak, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menandatangani perintah untuk ekspansi militer besar-besaran negaranya, termasuk menambah 100.000 tentara. Perintah dikeluarkan ketika situasi negara itu di ambang perang dengan Rusia .

Zelensky memerintahkan penembahan 100.000 tentara selama tiga tahun ke depan, memperpanjang kontrak layanan militer, dan meningkatkan gaji. Dia mengumumkan perintah itu pada hari Selasa dalam sesi terbuka Rada atau Parlemen.

"Saya telah menandatangani perintah untuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina. Ini menetapkan peningkatan 100.000 dalam jumlah tentara, perluasan program untuk pasukan, dan peningkatan gaji mereka," katanya, seperti dikutip Russia Today, Rabu (2/2/2022).

Dia mengklarifikasi bahwa perintah itu dimaksudkan untuk membantu memprofesionalkan tentara Ukraina, dan menyangkal karena akan ada perang. Selain menambah 100.000 tentara, rencananya akan memperpanjang kontrak mereka dan membuat 20 brigade baru di dalam angkatan bersenjata.

Presiden juga akan menaikkan gaji anggota layanan militer menjadi minimal tiga kali upah minimum, yang saat ini 6.500 hryvnia (USD225). Tentara Ukraina saat ini terdiri dari sekitar 260.000 tentara, menjadikannya yang terbesar ke-22 di dunia.

Penambahan 100.000 personel akan menempatkannya hampir sama dengan Turki dan Thailand, di tempat ke-15. Rusia memiliki personel militer paling aktif kelima di dunia, yakni lebih dari 1 juta personel.(*)
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut