get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

5 Mobil dan Motor Terbaik 2023 Pilihan Wartawan Otomotif, dari Mesin Bensin hingga Listrik

Kamis, 21 Desember 2023 | 12:00 WIB
header img
Forum Wartawan Otomotif Indonesia menggelar pemilihan mobil dan sepeda motor terbaik, Cars of The Year and Motorcycle of The Year 2023. (Foto: Forwot)

JAKARTA, iNewsSerpong - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali memilih mobil dan sepeda motor terbaik tahun ini, dengan label  "Cars of The Year and Motorcycle of The Year 2023".

Penilaian mencakup beberapa aspek seperti desain, kenyamanan, keselamatan, performa, handling, fungsionalitas, pengalaman berkendara, dan harga. Semua aspek tersebut diakumulasikan menjadi nilai akhir.

Keunikan acara tahun ini terletak pada adanya kategori baru dengan kehadiran kendaraan listrik. Pada Cars of The Year 2023, terdapat satu pemenang dalam tiga kategori: mobil bermesin internal (Internal Combustion Engine/ICE), mobil hybrid (Hybrid Electric Vehicle/HEV), dan mobil listrik (Battery Electric Vehicle).

Demikian pula pada sepeda motor, edisi tahun ini menghadirkan pemenang untuk kategori bermesin bensin dan motor listrik.

Beri Apresiasi Produsen

Kehadiran kategori baru seperti Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, dan BEV tak lepas dari tren elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

"Kami mengapresiasi produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi, diharapkan membantu dalam mengurangi emisi dan mendorong pertumbuhan industri otomotif lokal," ujar Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo, pada Selasa (19/12/2023).

Seperti gelaran sebelumnya, anggota Forwot telah meninjau mobil dan sepeda motor yang diluncurkan sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023. Selama periode tersebut, sebanyak 88 model kendaraan teridentifikasi untuk penilaian. Dari jumlah tersebut, terdapat 55 model mobil ICE, 16 mobil dengan teknologi HEV, dan 17 model BEV.

Sementara untuk Motorcycles of The Year 2023 (FMY 2023), tim juri berhasil mengumpulkan 59 model yang telah diluncurkan pada periode yang sama. Dari jumlah tersebut, 15 model di antaranya merupakan sepeda motor listrik.

"Beberapa tahun terakhir, kami melihat tren elektrifikasi dengan banyaknya peluncuran kendaraan listrik. Respons positif dari pasar terhadap kendaraan ramah lingkungan ini terbukti dari peningkatan penjualan," kata Ketua Bidang Roda-Empat Forwot, Mufrod.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut