get app
inews
Aa Read Next : Macet Parah Nyaris tak Bergerak Jalan Benda Raya Tangsel, Buntut Pengerjaan Peninggian Jalan

Cara Pengereman Kendaraan yang Benar, Hindari Rem Blong

Senin, 08 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
Bila cara mengerem tidak menggunakan teknik yang benar kampas rem bisa cepat habis. (Foto: Reuters)   

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sistem pengereman adalah komponen krusial pada kendaraan, yang berfungsi memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Teknik pengereman tidak tepat mempercepat ausnya kampas rem. Bagaiman sebaiknya?

“Pertama, hindari melakukan pengereman mendadak yang sangat berbahaya. Kedua, lakukan perawatan secara rutin, jadi tidak menunggu sampai terdengar suara baru diperiksa,” ujar Rachmat Dwinada, Perwakilan Bendix di Indonesia, belum lama ini.

Rachmat menjelaskan, pengereman mendadak dapat menjadi penyebab cepatnya ausnya kampas rem. Mengidentifikasi keausan kampas rem bisa sulit tanpa membongkar kaliper rem.

Kampas Rem Aus

Pengereman keras yang terus-menerus juga dapat menyebabkan kampas rem cepat panas (overheat), yang pada akhirnya memengaruhi efisiensi pengereman, bahkan bisa menyebabkan rem blong.

“Musuh utama dari sistem rem adalah panas. Ketika dua komponen ditekan, panas akan dihasilkan. Pemakaian dalam jangka panjang, terutama di kondisi macet seperti di Jakarta, akan terasa lebih kuat. Komponen yang tidak tahan panas akan lebih rentan terhadap keausan dan kehilangan daya cengkeram,” jelas Rachmat.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut