get app
inews
Aa Read Next : Kendaraan Bermasalah di Jalur Contraflow? Tips dari Jasa Marga: Menepi ke Sisi Paling Kiri Jalan

9 Hal Harus Diperhatikan Bila Melintasi Jalur Contraflow, Biar Terhindar dari Kecelakaan

Selasa, 26 Desember 2023 | 12:00 WIB
header img
Lewati jalur contraflow, pengendara harus berhati-hati dan memperhatikan rambu serta arahan petugas agar tak terjadi kecelakaan fatal. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Jalur contraflow salah satu solusi dari polisi lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Kepolisian membuka jalur tambahan dari arah berlawanan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

Namun, mengendarai melalui jalur contraflow memerlukan kewaspadaan ekstra. Pengemudi harus hati-hati, mengikuti rambu, dan arahan petugas demi menghindari kecelakaan fatal.

"Langkah ini butuh perhatian khusus. Kesalahan kecil bisa berujung fatal. Oleh karena itu, perlu pelajari tips berkendara di jalur contraflow," ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, pada Selasa (26/12/2024).

Berikut tips berkendara melintasi jalur contraflow agar aman dan nyaman selama perjalanan:

1. Periksa Kondisi Mobil dengan Teliti

Pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum memasuki jalur contraflow. Jika mobil mogok, dapat menyebabkan blokade lalu lintas. Pastikan mobil dalam keadaan baik untuk menghindari masalah.

2. Ketahui Jadwal dan Lokasi Contraflow

Sebelum memasuki jalur tol, pastikan mengetahui jadwal dan lokasi jalur contraflow. Informasi aturan ini biasanya tersedia di media sosial atau dari operator jalan tol.

3. Jangan Lewatkan Pintu Keluar Tol
Jalur contraflow umumnya memiliki satu pintu masuk dan keluar. Jika pintu keluar tol terlewati, lanjutkan hingga akhir jalur contraflow dan temukan pintu keluar jalan tol yang sesuai.

4. Waspada di Jalan Layang Tol MBZ

Jalur Layang Tol MBZ berakhir di sekitar KM 47 Jalan Tol Cikampek. Pastikan Anda dapat beralih ke jalur contraflow dengan aman dan perhitungan matang.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut