get app
inews
Aa Read Next : Gaikindo Perluas Area GIIAS 2024, Produsen Otomotif Banyak yang Siap Ambil Bagian

Renha Formigao Pickup Klasik Leluhur Tesla Cybertruck? Soalnya Mirip

Sabtu, 20 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
Renha Formigao adalah pickup klasik berbasis Volkswagen Beetle yang diproduksi dalam jumlah terbatas pada 1979. (Foto: Slash Gear)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tesla Cybertruck tak bisa mengklaim desain unik dengan garis tajam dan detail sudut sebagai pelopor, ternyata bukan yang pertama kali di dunia otomotif.

Sebelumnya, ada Renha Formigao atau yang dikenal sebagai Coyote yang memiliki kemiripan desain yang mengejutkan dengan Cybertruck.

Renha Formigao adalah sebuah pickup klasik yang berbasis Volkswagen Beetle, diproduksi dalam jumlah terbatas pada tahun 1979 oleh Paulo Renha dari Brasil.       

Kreasi Paulo Renha

Menurut laporan dari Slash Gear, pickup ini adalah hasil kreasi Paulo Renha yang sebelumnya telah meluncurkan trike dengan mesin Beetle, kemudian menciptakan pickup kecil yang ditempatkan di atas sasis Beetle.

Meskipun bentuknya standar dan tidak dimodifikasi secara signifikan, namun dengan penambahan bentuk tubuh persegi, Formigao memiliki tampilan yang sangat unik, terutama pada era 1980an di mana desain otomotif dengan sudut mencapai puncaknya.

Kesamaan desain antara keduanya cukup mencengangkan, meskipun ukuran Formigao tidak sebesar Cybertruck. Bagian depan yang hampir datar serta keselarasan kap mesin dan kaca depan memberikan tampilan yang mirip dengan Cybertruck.

Walaupun bentuk roda keduanya juga memiliki kemiripan, namun bentuk ini merupakan bentuk umum kendaraan pada era 1980an. Banyak yang menyebut Formigao sebagai "leluhur" Tesla Cybertruck karena kesamaan bentuknya.

Jika Formigao sedikit lebih besar dengan desain dual-cab yang dapat menampung dua baris kursi dan atap yang condong ke belakang, kesamaannya dengan Cybertruck akan semakin kentara.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut