get app
inews
Aa Read Next : Cawapres Mahfud MD Buka Suara soal Penundaan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan 

Silaturahmi ke Ponpes Darussalam Blokagung, Mahfud MD Dorong Kemajuan Pesantren Bangun Universitas

Rabu, 10 Januari 2024 | 23:08 WIB
header img
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD berkomitmen untuk mendorong kemajuan pondok pesantren (ponpes) untuk membangun universitas. (Foto: Dok TPN)

BANYUWANGI, iNewsSerpong.id - Mahfud MD, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 berkomitmen untuk mendorong kemajuan pondok pesantren (ponpes) untuk membangun universitas. 

Komitmen tersebut diungkapkan pria kelahiran Sampang, Madura, itu saat bersilaturahmi dengan Ponpes Darussalam Blokagung, Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024). 

Pasangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 itu berharap “semua pesantren itu yang sudah mampu bisa mendirikan universitas-universitas yang maju, sama juga dengan universitas Al Azhar yang sekarang usianya lebih dari seribu tahun di Kairo yang dulu didirikan oleh Halaqoh keagamaan. Nah itu kita ikuti di sini," ujarnya. 

Kedatangan Mahfud yang mengenakan batik cokelat keemasan serta peci dan celana hitam itu disambut KH Ahmad Hisyam Syafa'at pengasuh ponpes dan KH Muhammad Hasyim Syafa'at bersama ribuan warga ponpes.

"Kira-kira dua atau tiga bulan lalu saya ke sini untuk wisuda dan Alhamdulillah sekarang ponpes Darussalam ini mempunyai universitas  Darussalam. Insya Allah nanti politeknik yang sedang diusulkan ponpes ini nanti politkeniknya mudah-mudahan segera bisa diperoleh," ungkapnya. 

Mantan ketua hakim Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut merasa bahagia karena turut mengantarkan dua universitas baru di Indonesia yang dibangun pondok pesantren. 

"Saya gembira karena di pondok pesantren ini dalam dua bulan terakhir ini saya ikut  mengantarkan dua universitas baru, pertama di ponpes Darussalam, yaitu Universitas Darussalam. Lalu, dua Minggu yang lalu Universitas Annuqayah di ponpes Annuqoyah, Sumenep," ucapnya yang disertai dengan riuh para santri dan ustaz di ponpes tersebut. 

Pria berusia 66 tahun tersebut menyatakan bahwa pendidikan ponpes sangat penting. Karena, ponpes kini tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi juga ilmu pengetahuan umum hingga pengelolaan negara dengan dibangunnya universitas. 

"Pesantren sangat penting karena dulu pesantren itu di Indonesia orientasinya pada fikih ibadah, tasawuh, akhlak. Orientasi dulu, jauh dari fikih siasah atau politik. Maka sekarang pesantren mendirikan universitas-universitas agar fikih politik tentang pengelolaan dipelajari," katanya. 

Dalam silaturahmi tersebut, Mahfud MD juga memberikan semangat kepada para santri agar terus maju dan menjadi penerus bangsa ini.  

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "", Klik untuk baca: https://www.inews.id/multimedia/photo/di-hadapan-ribuan-santri-mahfud-md-dorong-kemajuan-pesantren-bangun-universitas/1/2.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut