get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Terbukti Langgar Tata Cara dan Proses Rekapitulasi Pemilu 2024, Bawaslu Beri Sanksi

Pemilu 2024, DPR RI Terima Laporan 16.000 Surat Suara Rusak di Tangsel

Kamis, 25 Januari 2024 | 15:32 WIB
header img
Ilustrasi Surat Suara KPU (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -  Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi II DPR melakukan kunjungan spesifik ke KPU Kota Tangerang Selatan. Dalam kunjungan tersebut, Komisi II menemukan sebanyak 16.000 lembar kertas surat suara yang rusak atau tidak layak. 

Anggota Komisi II DPR Mardani Ali, pada Kamis (25/1/2024), mengatakan “Tadi kita (Komisi II) tanya dari 1.040.000 (surat suara), ada 16.000 kertas (surat) suara yang rusak”. 

Mardani menjelaskan, Bawaslu setempat juga sudah cukup detail dalam melakukan pengecekan, khususnya terkait warna surat suara. Salah satu yang ditemukan surat suara berwarna ungu yang seharusnya biru, untuk surat suara Pemilu anggota DPRD provinsi.

"Kami menilai itu satu sikap yang hati-hati yang baik, tapi KPU juga mengatakan (persoalan warna) ini sudah disupervisi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, M Taufik Mizan, mengatakan bahwa kerusakan kertas suara tersebut paling banyak ditemukan pada surat suara pemilihan DPRD provinsi. Kerusakan tersebut disebabkan oleh warna surat suara yang tidak sesuai dengan ketentuan. 

Sedangkan, kerusakan kertas suara pemilihan DPR RI relatif sedikit, yaitu karena surat suara tersebut ngeblur, salah potong, ada bercak, atau kelebihan pinggiran.

"Itu tidak kita pakai. Karena memang untuk penanda, DPR RI kan kuning, nah yang DPR RI relatif rusaknya karena ngeblur, salah potong, ada bercak, kelebihan pinggiran," tuturnya. 

Seluruh kertas surat suara yang rusak telah dikembalikan ke KPU Banten untuk diganti dengan yang baru sesuai spesifikasi standar. 

Secara keseluruhan, persiapan Pemilu 2024 di Kota Tangerang Selatan sudah selesai. Namun, Komisi II tetap mengingatkan KPU Kota Tangerang Selatan untuk berhati-hati dengan musim hujan yang dapat menyebabkan kerusakan logistik pemilu.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " DPR Terima Laporan 16.000 Surat Suara Rusak di Tangsel ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/dpr-terima-laporan-16000-surat-suara-rusak-di-tangsel.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut