get app
inews
Aa Read Next : Diduga Motif Persaingan Usaha, Pedagang Bensin Eceran Dibacok di Tangerang Selatan

Diduga Akibat Galian Tanah, Sejumlah Rumah Warga di Ciputat Terancam Longsor

Rabu, 31 Januari 2024 | 07:08 WIB
header img
Sejumlah rumah di Ciputat terancam longsor (foto: MPI)

TANGERANG, iNewsSerpong.id - Beberapa rumah warga di Sukamulya, Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), terancam longsor. Penyebabnya diduga karena ada aktivitas penggalian tanah menggunakan alat berat ekskavator di sekitar lokasi. 

Kondisi rumah terdampak di lokasi menunjukkan beberapa bagian belakang rumah telah ditancapi batang-batang kayu. Upaya itu dilakukan untuk mencegah pergeseran tanah yang lebih luas.

Menurut warga, beberapa hari lalu, terdengar suara gemuruh akibat longsor. Warga dan pekerja galian panik lantaran ada material tanah di batas tebing yang ambrol. Sementara itu, dinding rumah mengalami keretakan. 

Salah satu penghuni rumah, Jasiyem (65), menyebut fondasi belakang rumahnya mulai tergerus akibat pergeseran tanah. Hal serupa juga terjadi pada dinding rumah tetangganya. Kini bagian belakang telah ditancapi banyak batang bambu.

"Waktu kejadian itu, pada ramai di belakang rumah para pekerja (galian). Kalau digali terus, saya takut juga nanti lama-lama ambles, pada longsor," katanya, Selasa (30/01/2024). 

Area di belakang rumah warga itu awalnya merupakan kebun bercampur tumpukan sampah. Beberapa bulan lalu, penggalian dan perataan tanah mulai dikerjakan menggunakan alat berat ekskavator. Rencananya, lahan di sana akan dibangun perumahan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Perundang-undangan Satpol PP Tangsel, Muksin Al Fachri mengatakan, pihaknya telah terjun mengecek lokasi penggalian. Namun, dia masih menunggu hasil koordinasi guna mengambil tindakan. 

"Bahwa Satpol PP telah mengirim tim ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Di lokasi tersebut belum ada proses pembangunan, namun ada aktivitas pemerataan tanah. Kita akan koordinasi untuk mengecek perizinannya," katanya.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Sejumlah Rumah Warga di Ciputat Terancam Longsor, Diduga gegara Proyek Galian ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/sejumlah-rumah-warga-di-ciputat-terancam-longsor-diduga-gegara-proyek-galian/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut