get app
inews
Aa Read Next : Penyesuaian, Tarif Tol Serpong-Cinere Naik Mulai 21 Februari 2024

Garap Jalan Tol, PT Hakaaston (HKA) Bidik Pendapatan Sebesar Rp3,6 Triliun

Selasa, 08 Februari 2022 | 16:52 WIB
header img
PT Hakaaston (HKA) Bidik Pendapatan Sebesar Rp3,6 Triliun

.JAKARTA,iNewsSerpong.id - PT Hakaaston (HKA), membidik pendapatan sebesar Rp3,6 triliun dengan perolehan nilai kontrak baru senilai Rp4,4 triliun sepanjang 2022. Anak Usaha PT Hutama Karya (Persero) ini memproyeksikan peluang perusahaan terlibat dalam pengerjaan proyek jalan tol dan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) lainnya.

Direktur Utama HKA, J. Aries Dewantoro menjelaskan nilai tersebut juga berasal dari penyelesaian kontrak lama dengan tetap fokus mendukung Hutama Karya sebagai induk dalam penyelesaian proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), seperti pembangunan Ruas Indralaya – Prabumulih dan Ruas Bengkulu – Taba Penanjung, serta proyek eksternal yakni Tol Cisumdawu dan Jalan Lintas Timur Sumatra.

 “Hingga akhir tahun 2021, terdapat 5 proyek besar yang telah digarap oleh Hakaaston antara lain Tol Indralaya – Prabumulih, Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Tol Cibitung – Cilincing, Tol Cisumdawu, dan Sumur Resapan DKI Jakarta,” ujar Aries, Selasa (8/2/2022).

Tantangan terbesar bagi perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penyediaan aspal beton itu pada tahun ini adalah rencana manajemen membidik kontrak pekerjaan pada proyek Dermaga Patimban, Fly Over Kopo, Tol Bogor – Serpong, Tol Sentul – Karawang, dan Dermaga Pelabuhan Anggrek di Gorontalo.

Meski begitu, Aries mengakui sejumlah proyek penyediaan infrastruktur jalan tol yang masif, serta banyaknya PSN menjadi keuntungan bagi HKA.

“Syarat penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari pemerintah secara tidak langsung berdampak positif bagi pendapatan bisnis dan serapan portofolio produk khususnya untuk pembangunan PSN baik dengan menggunakan sumber APBN maupun APBD,” ungkap dia.

Berdasarkan Laporan Keuangan inhouse, sepanjang 2021 HKA merealisasikan pendapatan secara konsolidasi sebesar Rp2,9 triliun. Pendapatan tersebut diprediksikan akan bertumbuh sebesar 24% pada 2022, di mana target pendapatan yang dipatok HKA sebesar Rp 3,6 triliun. Sementara itu, capaian laba bersih di tahun 2021 HKA adalah sebesar Rp 2,52 Miliar.

Terkait dana capex yang dikeluarkan HKA sepanjang tahun lalu sebesar 100% yang digunakan untuk investasi peralatan guna meningkatkan utilitas alat. Sebelumnya, HKA dan anak perusahaannya merencanakan investasi sebesar Rp 10 miliar untuk pendanaan tahun 2021.

"Di tahun 2022 ini, kami jauh lebih percaya diri dengan merencanakan investasi sebesar Rp54,8 Miliar yang sebagian besar akan digunakan untuk investasi dan peremajaan peralatan,” kata Aries.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut