get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Terbukti Langgar Tata Cara dan Proses Rekapitulasi Pemilu 2024, Bawaslu Beri Sanksi

Tinta Pemilu 2024 Masih Lengket, Begini Cara Menghilangkan

Minggu, 18 Februari 2024 | 18:44 WIB
header img
Cara Menghilangkan Tinta Pemilu di Tangan (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara menghilangkan tinta pemilu di tangan jadi informasi yang paling dicari akhir-akhir ini. Terlebih, bagi masyarakat yang telah menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2024, Rabu, 14 Februari 2024 kemarin. 

Setelah melakukan pencoblosan, pemilih akan diminta untuk mencelupkan salah satu jari pada botol tinta. Itu dilakukan sebagai penanda telah mengikuti proses pemilihan suara. Namun, terkadang tinta tersebut masih menempel di jari meski pencoblosan sudah selesai beberapa hari lalu. Tentu, hal itu dapat mengganggu penampilan bagi sebagian orang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan tinta di tangan pun dapat kamu temukan di rumah. Jadi, kamu tak perlu repot-repot membeli bahannya di luar.  Lantas, bagaimana cara menghilangkan tinta pemilu di tangan? Berikut iNews.id akan berikan ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/2/2024). 

1. Mencuci dengan Air dan Sabun

Cara menghilangkan tinta pemilu di tangan yang pertama adalah mencuci dengan air dan sabun. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membasahi tangan dengan air hangat.

Lalu, mengoleskan sabun yang cukup pada tangan. Gosokkan tinta yang terkena tinta kurang lebih dua menit. Jika dirasa tintanya sudah mulai menghilang, bilas dengan air mengalir.  

2. Mengoleskan Pasta Gigi

Selain menggunakan sabun, kamu dapat mengoleskan pasta gigi untuk menghilangkan tinta pemilu di tangan. Perlu diketahui, pasta gigi memiliki bahan atau kandungan yang bersifat abrasi ringan.

Bahan abrasi yang bersifat ringan tersebut dapat membantu menghilangkan noda tinta. Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada daerah permukaan kulit yang terkena tinta. Lalu, bilas menggunakan air mengalir. 

3. Menyemprotkan Hairspray

Tak hanya digunakan untuk menyemprot rambut, ternyata hairspray dapat juga menghilangkan berbagai jenis noda, salah satunya tinta. Kamu cukup menyemprotkan hairspray ke bagian tangan yang terkena tinta.

4.  Menggunakan Cuka

Sebagaimana kita ketahui, cuka biasanya digunakan sebagai penambah rasa makanan. Selain itu, ternyata cuka dapat juga untuk menghilangkan sisa-sisa noda. 

Teteskan cuka pada kapas. Lalu, gosokkan ke permukaan jari hingga noda tinta menghilang. Jika dirasa sudah bersih dari noda, bilas jari yang terkena cuka tadi dengan air mengalir.

5. Memanfaatkan Aseton

Tinta pemilu yang menempel di tangan dapat dihilangkan dengan aseton. Diketahui, aseton merupakan zat kimia yang biasanya digunakan untuk menghilangkan kuteks pada kuku. 

Caranya sama seperti metode-metode sebelumnya, kamu cukup meneteskan aseton pada kapas. Kemudian, gosok kuku dan jari yang terdapat tinta hingga bersih. 

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan tinta pemilu di tangan. Selamat mencoba!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut