get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

Jum'at, 15 Maret 2024 | 05:20 WIB
header img
Salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan suci Ramadhan adalah memperbanyak do’a. (Foto: Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina; Ketua PCM Pagedangan Kab. Tangerang

BULAN SUCI Ramadhan adalah bulan dimana siang maupun malamnya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Isilah waktu demi waktu yang kita lalui di bulan suci Ramadhan ini dengan berbagai aktivitas yang bernilai ibadah.

Salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan suci Ramadhan adalah memperbanyak do’a. Anjuran ini secara tersirat terdapat dalam Al Qur’an surat Al-Baqarah [2] ayat 186, yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Menurut Imam Ibnu Katsir rahimahullah, ayat di atas berada di antara ayat-ayat yang membahas tentang hukum-hukum yang terkait dengan puasa di bulan suci Ramadhan. Hal ini menunjukkan bahwa kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak do’a sepanjang bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan”. (HR. Al Bazaar).

Ayat dan hadits di atas menjadi hujjah yang sangat kuat bagi kita untuk memanfaatkan waktu demi waktu di bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan memperbanyak berdo’a. Sepanjang waktu di bulan suci Ramadhan adalah waktu yang mustajabah bagi kita untuk berdo’a.    


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut