get app
inews
Aa Read Next : Keistimewaan Malam Nuzulul Qur'an, Begini Penjelasannya

Apa Saja Amalan Malam Nuzulul Qur'an? Ayo Disimak Baik-baik

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:46 WIB
header img
Ilustrasi amalan malam Nuzulul Quran yang penuh kemuliaan bagi umat Islam. (Foto: Freepik)

4. Sholat Malam

Amalan di Malam Nuzul Quran berikutnya yakni melaksanakan shalat malam seperti, shalat tahajud maupun shalat hajat. Bulan Ramadhan adalah bulan obral pahala. Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah SAW menegaskan bahwa nilai ibadah sunnah akan dinilai setara dengan pahala ibadah wajib. Nilai ibadah wajib juga akan dilipat gandakan hingga 70 kali lipat. Demikian Imam Ibnu Khuzaimah dalam kitabnya menuliskan hadits tersebut.

5. Membaca Doa Khatam Al Quran

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Latin: Allahumarhamnii bil qur'aan, waj'alhu lii imaaman wanuuran wahudawarahmah, allahumadzakkirnii minhumaaa nasiitu, wa'allimnii minhumaajahiltuu warzuqnii tilaawatahu aanaaallailii wa athraa fannahaari, waj'alhulii hujjatan yaa rabbal'aalamiin. 

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, dan petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Quran ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu dan anugrahkan kepadaku kesempatan untuk membacanya tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam.”

Wallahu A'lam Bishowab

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut