get app
inews
Aa Read Next : Kue Lidah Kucing Premium Anti Gagal, Pakai Nutella Makin Enak

Viral, Mbah Benu Imam Masjid Aolia Tentukan Lebaran Setelah "Telepon" Tuhan

Sabtu, 06 April 2024 | 07:29 WIB
header img
Imam Masjid Aolia KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau lebih akrab dipanggil Mbah Benu. (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Viral di media sosial pernyataan Imam Masjid Aolia, KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo, atau yang akrab dipanggil Mbah Benu, usai memimpin Salat Idul Fitri 2024, pada Jumat (5/4/2024).

Dia mengklaim telah berkomunikasi langsung dengan Allah SWT untuk menentukan awal bulan Syawal. "Saya tidak menggunakan perhitungan. Saya langsung berbicara dengan Allah Ta'ala," kata Mbah Benu yang dikutip dari akun Instagram @cekdrama yang membagikan video dari Antara TV, Sabtu (6/4/2024).

"Dengan memohon kepada Allah (pada hari ini) tanggal 29 (bulan Ramadan), kapan awal bulan Syawal? Allah Ta'ala memberitahu, Tanggal 5 (April 2024)," tambahnya. Selain itu, dia menyerukan kepada jemaah untuk tidak saling menyalahkan satu sama lain, terutama dalam hal penetapan Hari Raya Idul Fitri.

Kerukunan antara Sesama

"Jangan menyalahkan orang lain. Kalau memang salah, namun jika benar malah dia yang memperoleh kebenaran, kita justru akan menjaditertuduh," ucapnya. Mbah Benu juga mengajak jemaah Masjid Aolia danmasyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kerukunan antara sesama.

"Jaga rukun, persatuan, dan kesatuan dengan siapapun," tambahnya. Postingan ini segera menarik perhatian publik. Banyak netizen yang mengomentari pernyataan Mbah Benu tentang 'berbicara' langsung dengan Tuhan. "Yang lebih mengkhawatirkan adalah pengikutnya. Masih adasaja yang mengikuti," tulis @cairxpress. "Apakah Mbahnya tidak perlu berkonsultasi dengan psikiater?" tulis @anggirospidia.

"Apakah penduduknya sudah mengalami tekanan mental atau apa?" tulis @adhityaibal_. "Sangat mengherankan bahwa pada zaman inimasih ada yang percaya dan mengikuti hal seperti ini," tulis @desihardiyant.

Sebelumnya, jemaah Aolia di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY telah mengejutkan banyak orang karena telah merayakan Idul Fitri pada Jumat (5/4/2024).

Mereka sudah melaksanakan Salat Idul Fitri dan memulai puasa Ramadhan sejak Kamis, 7 Maret 2024. Jemaah Aolia menetapkan awal Syawal jatuh pada Jumat, 5 April 2024. Keputusan didasarkan keyakinan pimpinan Jemaah Aolia yaitu Mbah Benu atau Raden Ibnu Hajar Sholeh, serta perhitungan kalender yang mereka yakini.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut