get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Apresiasi Proses Seleksi Pemain Tim U-17

Putusan Wasit Laga Indonesia Vs Qatar Dipertanyakan, PSSI Layangkan Surat Protes  

Selasa, 16 April 2024 | 13:38 WIB
header img
Wasit Nasrullo Kabirov memberi kartu merah kepada gelandang Indonesia Ivar Jenner saat melawan Qatar pada Piala Asia U-23 2024 di Jassim bin Haman Stadium, Senin (15/3/2024) malam. (Foto: PSSI)

RAYYAN, iNews.Serpong.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung bersikap atas tindakan wasit pada laga Timnas Indonesia versus Qatar di Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024). Dalam pertandingan di Stadion Jassim bin Hamad itu, pengadil asal Tajikistan tersebut melakukan berbagai keputusan kontroversial yang membuat Indonesia kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar.  

Keberpihakan wasit dan aparat pertandingan lainnya terlihat saat menunjuk titik penalti di akhir babak pertama. Kala itu, Rizky Ridho dianggap menyikut pemain Qatar Khalid Ali Sabah di kotak terlarang. Padahal, ayunan tangan bek Persija itu terjadi sebagai imbas benturan dirinya dengan sang lawan. Penalti itu pun dimanfaatkan Khaled Ali menjadi gol pada menit ke-45-1.  

Pada awal babak kedua, sang wasit kembali mengeluarkan keputusan kontroversial. Dia memberi Ivar Jenner kartu kuning kedua yang mengakibatkan kartu merah. Ivar Jenner dianggap melakukan pelanggaran kepada Saif Eldeen Hassan yang langsung melakukan aksi teatrikal berguling-guling kesakitan. Padahal dari tayangan ulang Ivar Jenner terlihat melompat untuk menghindari benturan dengan sang lawan. 

Ironisnya, wasit tak mau melihat VAR.  Kemudian, wasit juga mengganjar Ramadhan Sananta dengan kartu merah langsung pada menit ke-90+6 usai menginjak Mohammed Aiash. Kartu merah dikeluarkan wasit usai meninjau VAR, setelah sebelumnya hanya memberi kartu kuning.   

Keputusan wasit yang patut dipertanyakan menimbulkan kemarahan publik Indonesia. Usai pertandingan, Erick Thohir melayangkan protes atas buruknya kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov. “Resmi sudah kita masukkan (surat protes). Setelah pertandingan,” tutur Erick Thohir kepada media, termasuk iNews.id, Selasa (16/4/2024).   

Di laga berikutnya, Indonesia akan meladeni Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024). (*) 

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut