get app
inews
Aa Read Next : Produsen Pacific Tantang Pesepeda dalam Event Pacific Bike Ride, Sabtu (11/12/ 2021), di Serpong

Bisa Jadi Contoh, 3 Negara Dengan Sistem Jaminan Hari Tua Terbaik

Kamis, 17 Februari 2022 | 08:49 WIB
header img
Ilustrasi. Jaminan Hari Tua (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Memiliki kehidupan yang layak dan tenang saat memasuki hari tua adalah impian setiap individu. Di sinilah peran negara sangat penting dalam menjamin kehidupan masyarakatnya ketika tiba di waktu pensiun.

1. Belanda 

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Global Mercer CFA Institute 2020 terkait Indeks Pensiun, Belanda menempati urutan pertama negara terbaik untuk pensiun disertai sistem jaminan pensiun atau hari tua terbaik. Negeri ini memiliki indeks 82,6 dan berada di urutan pertama selama 3 tahun berturut-turut.

Di Belanda, usia pensiunnya adalah 66 tahun 7 bulan. Karyawan yang sudah memasuki masa pensiun akan mendapatkan hak yang telah ditetapkan pemerintah. Ada 3 pilar sistem pensiun di Belanda, yakni General Old Age Pensions Act (AOW), skema pensiun tambahan berdasarkan pemberi kerja, dan tabungan pribadi karyawan untuk masa pensiun.

Melansir laman Komisi Eropa bidang Ketenagakerjaan, Urusan Sosial dan Inklusi, karyawan yang berada dalam usia pensiun (kecuali pekerja pos) akan mendapatkan hak dan fasilitas sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Artinya, setiap pensiunan akan mendapatkan penghasilan dasar atau pokok demi menunjang kebutuhan hidup. Memasuki pilar kedua, pensiunan tambahan akan diberikan oleh para pemberi kerja atau perusahaan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut