get app
inews
Aa Read Next : Berkat Modifikasi, Suzuki Jimny dan Toyota HiAce Tampil Menawan di IIMS 2024

Intip Tren Audio Mobil Zaman Now, Lebih Simpel dan Canggih

Kamis, 27 Juni 2024 | 05:05 WIB
header img
Teknologi makin canggih Owner CAS Audio, Rokhim mengungkapkan tren ubahan atau kustom audio mobil saat ini lebih simpel. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Meng-upgrade atau mengganti audio mobil adalah salah satu modifikasi yang sering dilakukan pemilik kendaraan. Pasalnya, tidak semua kendaraan dibekali audio yang sesuai dengan selera pemilik.

Saat ini, banyak model kendaraan listrik yang mengubah tren audio mobil di Indonesia. Pemilik CAS Audio, Rokhim, mengungkapkan bahwa ubahan atau kustom audio mobil saat ini lebih simpel.

Hal ini seiring dengan semakin canggihnya kendaraan, di mana sistem dan fitur pengaturan mobil sudah terintegrasi dalam satu head unit sehingga sulit dirombak.

Digital Signal Processor

Solusinya, pemilik kendaraan bisa mentuning audio kendaraan secara simpel dengan menambahkan subwoofer aktif dan Digital Signal Processor (DSP).

"DSP berfungsi mengatur suara, menjadi otaknya audio dari player. DSP dan subwoofer aktif tugasnya memperbaiki audio sebagai sound management," ujar Rokhim, saat perayaan CAS Audio ke-24 dan Alpine Day di MGK, Jakarta.

Rokhim menuturkan bahwa untuk penempatan alat ini biasanya diletakkan di bawah bangku atau di bawah dasbor. Jika bagasi luas, alat ini bisa diletakkan di sana sehingga lebih rapi.

Audio yang ideal, menurutnya, adalah audio di mana bass (suara rendah), treble (suara tinggi), dan mid seimbang. Bila sound quality sudah sesuai, tinggal tuning sesuai selera.

"Tidak perlu mahal, yang penting tuning-nya ideal. Baru setelah itu disesuaikan dengan selera, apakah bassnya ingin dinaikkan atau lainnya. Untuk model Alpine, ada alat tambahan bernama UTX yang dapat meningkatkan kualitas suara audio," kata Rokhim. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut