get app
inews
Aa Read Next : Nyaman untuk Keluarga, 15 Tempat Nongkrong di Makassar

Buku “Kiri Depan, Daeng!” Resmi jadi Arsip Publik Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar

Kamis, 01 Agustus 2024 | 09:33 WIB
header img
Buku “Kiri Depan, Daeng!” diinisasi Konsorsium II Program Kota Masa Depan UK PACT dan penerbit PerDIK, menggalang aspirasi dan cerita warga Makassar. (Foto: Ist)

MAKASSAR, iNewsSerpong.id – Buku “Kiri Depan, Daeng! Arsip Pengetahuan Mobilitas Warga” resmi menjadi arsip publik yang disimpan dalam perpustakaan digital Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar.

Sebelumnya, buku tersebut sudah soft launching di perhelatan Makassar International Writers’ Festival pada Mei lalu.

Buku yang diinisiasi oleh Konsorsium II Program Kota Masa Depan UK PACT dan penerbit PerDIK, menggalang aspirasi dan cerita warga Makassar, diserahkan melalui sesi diskusi panel dalam acara Waterfront Festival F8 Makassar 2024, pada Sabtu (27/7/2024).

Pertama Kali Ditulis

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar yang diwakili Kepala Bidang Angkutan Umum Dr. Jusman menilai penyusunan buku yang bercerita tentang transportasi di Kota Makassar merupakan sejarah, karena baru pertama kali ditulis tentang sejarah transportasi publik di Kota Makassar.

“Semoga buku ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, khususnya Pemerintah Kota Makassar di bidang transportasi publik" ungkap Jusman menaruh harapan.

Adapun Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Mappanyuki, menekankan pentingnya peningkatan literasi masyarakat dalam berbagai bidang, seperti "Buku Kiri Depan, Daeng" ini menjadi arsip pengetahuan tentang transportasi publik di Makassar.

“Mudah-mudahan buku ini dapat lebih memperkaya e-katalog dalam perpustakaan Kota Makassar dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas," ujarnya.

Peresmian buku ini sebagai arsip publik di acara Waterfront Festival F8 Makassar menjadi awal rangkaian tur buku (book tour) “Kiri Depan, Daeng! Arsip Pengetahuan Mobilitas Warga”.

Tidak sekadar mengenalkan, book tour ini akan dikemas dengan diskusi publik perihal mobilitas rendah karbon dan inklusif di Kota Makassar dan diselenggarakan secara kolaboratif bersama pemerintah, universitas, media, dan komunitas.

Sementara itu, Urban Development Senior Lead WRI Indonesia, Dimas Nu’man Fadhil, menegaskan, "Kami percaya kerja-kerja yang berfokus pada dukungan dan pendampingan teknis serta kebijakan untuk Pemerintah Kota Makassar perlu ditunjang dengan gagasan-gagasan warga sebagai pemilik pengetahuan dan pengalaman yang valid akan transportasi publik," ucapnya.

Bukan hanya gagasan yang sudah terangkum dalam buku, menurut Dimas yang juga pimpinan Konsorsium II Program Kota Masa Depan UK PACT, gagasan-gagasan warga juga terus dikumpulkan ke depannya melalui forum multipihak “Tudang Sipulung”.

“Tudang Sipulung ini kami kemas dengan kegiatan-kegiatan menarik dan relevan dengan kepentingan warga. Tudang Sipulung selanjutnya akan dirangkai dalam bentuk book tour ‘Kiri Depan Daeng!’ untuk terus mengaktifkan gagasan pentingnya mobilitas rendah karbon dan inklusif yang selama ini warga butuhkan,” ujar Dimas.

Tidak hanya itu, Ketua Yayasan Pergerakan Difabel Indonesia (PerDIK), Syarif Ramadhan, menyampaikan harapannya akan transportasi publik Kota Makassar yang inklusif.

"Tantangan mobilitas di Kota Makassar tidak hanya soal infrastruktur, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menciptakan sistem transportasi yang inklusif untuk semua kalangan, termasuk difabel," katanya.  

Lebih jauh, Kepala Perpustakaan Universitas Hasanuddin, Dr Fierenziana Getruida Junus, menilai “Buku Kiri Depan Daeng" adalah sebuah potret transportasi Makassar yang komprehensif, dituturkan lewat berbagai sudut pandang yang merepresentasikan transportasi di Makassar.

"Buku yang tidak hanya berisi narasi pengetahuan, refleksi, tetapi juga sebuah rekomendasi yang dibutuhkan para pengambil kebijakan,” ujarnya

Sehubungan itu, Perpustakaan Universitas Hasanuddin, sebagaimana ditegaskan Fierenziana Getruida Junus, siap menjadi salah satu kolaborator “Tudang Sipulung Kiri Depan, Daeng!”. (*)


Buku “Kiri Depan, Daeng!” soft launching di perhelatan Makassar International Writers’ Festival pada Mei lalu. (Foto: Ist)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut