get app
inews
Aa Read Next : Honda Boyong 5 Mobil Listrik Terbaru untuk Mejeng di GIIAS 2024

Kunjungan Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal, Media Asing Soroti Terowongan Persahabatan

Kamis, 29 Agustus 2024 | 12:50 WIB
header img
Paus Fransiskus akan kunjungi Masjid Istiqlal dalam lawatannya ke Indonesia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara. Kunjungan tersebut akan berlangsung pada 5 September.

Juru bicara Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, mengungkapkan bahwa kunjungan akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Dalam kesempatan ini, akan ada deklarasi kemanusiaan, sesi foto bersama, dan pemberian cinderamata.

Menurut Ismail, kunjungan Paus akan berlangsung singkat karena kondisi beliau yang menggunakan kursi roda. Acara ini juga akan dihadiri oleh para pemimpin agama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Disorot Media Asing

Rencana kunjungan Paus berusia 87 tahun ini ke Masjid Istiqlal menjadi perhatian sejumlah media asing.

Surat kabar Malaysia, The Star, menurunkan judul "Pope to visit Istiqlal mosque," menandakan bahwa Masjid Istiqlal akan menjadi persinggahan pertama Paus dalam lawatannya. Masjid yang bermakna 'kemerdekaan' ini menawarkan tempat ibadah seluas lebih dari 9 hektare.

Kantor berita AS, Associated Press, menggunakan judul "Pope will visit the Istiqlal mosque in Indonesia on the first stop of an interfaith Asian trip," menyoroti bahwa kunjungan ini sangat penting mengingat Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

Paus juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sekitar 87 persen dari 280 juta penduduk Indonesia beragama Islam, meskipun negara ini juga memiliki populasi Kristen terbesar ketiga di Asia, setelah Filipina dan China, dengan hanya 2,9 persen yang beragama Katolik.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut