get app
inews
Aa Read Next : Federal Oil Umumkan Daftar Konsumen Beruntung Program Nyaman Berhadiah 2024 Periode Agustus

Jangan Biarkan Tangki Bensin Kosong, 7 Perawatan Motor agar Tetap Prima

Rabu, 18 September 2024 | 05:00 WIB
header img
Tujuh perawatan agar performa motor tetap prima dan tidak mengalami masalah di jalan. (Foto: Ist)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Agar performa tetap prima, sepeda motor membutuhkan perawatan rutin. Jika abai, selain bisa menyebabkan motor mogok biaya perbaikannya menjadi lebih mahal.

Selain melakukan servis rutin di bengkel resmi, pemilik kendaraan juga wajib merawat motor seperti mengisi bahan bakar (BBM) dengan oktan tepat. Ini agar pembakaran di dalam mesin lebih maksimal.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar motor tetap prima? Dirangkum dari Wahana Honda, berikut tujuh perawatan untuk menjaga performa motor.

1. Pilih Bahan Bakar Tepat

Penggunaan bahan bakar sangat berpengaruh pada kinerja mesin motor. Cara merawat motor agar tetap awet adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90 untuk menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor.

Jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah, bisa meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

2. Periksa Kondisi Aki

Ini penting dilakukan agar aki motor selalu terjaga, terutama jika motor menggunakan teknologi injeksi, karena aki merupakan sumber listrik untuk sistem penghidupan pembakaran.

3. Ganti Oli Teratur

Mengganti oli merupakan hal yang rutin dilakukan dalam merawat motor, minimal setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 1.000 km. Jangan sampai motor kekurangan pelumas sehingga bisa mengganggu kinerja mesin.

4. Periksa ECU

Cara merawat motor selanjutnya adalah dengan memperhatikan ECU (Electronic Control Unit) agar sistem injektor pada motor selalu bekerja dan berfungsi dengan baik. Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pada motor tidak akan berjalan dengan baik dan bisa mengakibatkan motor mogok.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut