get app
inews
Aa Read Next : Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024: Link dan Cara Cek

Buruan Daftar, ESDM Buka Lowongan CPNS 2024 Sebanyak 794 Formasi

Senin, 09 September 2024 | 06:39 WIB
header img
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Buka 794 Formasi Lowongan CPNS. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebanyak 794 formasi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Muhammad Rizwi Jilanissaf Hisjam, pihaknya mengajak seluruh putra-putri terbaik di Tanah Air yang energik, kompeten, dan profesional untuk bergabung dalam pengelolaan sektor energi dan sumber daya mineral.

"Tidak kurang dari 794 formasi CPNS baru disediakan Kementerian untuk bersama-sama mengelola sumber daya alam demi kesejahteraan rakyat," ujar Rizwi, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Minggu (8/9/2024).

Peraturan Menteri ESDM

Rizwi menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden RI No 68 Tahun 2015 tentang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Peraturan Menteri ESDM No 9 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian, tugas dan fungsi Kementerian ESDM adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral untuk membantu Presiden dalam menjalankan pemerintahan negara.

Melalui ketetapan tersebut, Kementerian ESDM bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola sumber daya alam, termasuk pertambangan mineral, batubara, minyak bumi, panas bumi, kelistrikan, hingga pengamatan aktivitas vulkanik gunung api di seluruh Indonesia.

Kewenangan yang besar ini tentu memerlukan banyak pegawai yang profesional dan kompeten di bidangnya.

"Total pegawai Kementerian ESDM saat ini mencapai 5.304 orang. Untuk mengelola sektor ESDM yang luas ini, kami memerlukan tambahan CPNS sebanyak 794 orang," kata Rizwi.

Kementerian ESDM merupakan kementerian strategis dengan kewenangan besar, baik sebagai pengelola sumber daya alam maupun sebagai penyumbang penerimaan negara bukan pajak (PNBP), yang tercatat mencapai Rp300,3 triliun pada tahun 2023.

Kontribusi terbesar berasal dari subsektor mineral dan batubara, yang menyumbang 58 persen atau sebesar Rp173,0 triliun dari total PNBP.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut