get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Mendapatkan Gelontoran Bantuan Tambahan Rp40 Triliun dari Uni Eropa

Ternyata Ini Rahasia Pasukan Rusia Gagal Taklukkan Ukraina dalam Hitungan Hari

Jum'at, 04 Maret 2022 | 17:43 WIB
header img
Rusia gagal menaklukkan Ukraina dalam hitungan hari, mengejutkan para pakar militer (Foto: Reuters)

Bahkan berbagai cara yang mereka pakai dalam melawan Rusia diyakini sanggup bertahan sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan mendatang.

Pasukan Ukraina juga memanfaatkan kecerobohan tentara Rusia yang melakukan serangan habis-habisan dan membabi buta sejak awal. Mereka dipersenjatai rudal antitank yang ditembakkan dari bahu, menyerang konvoi kendaraan lapis baja Rusia sepanjang 1 kilometer di dekat Kiev.
Selain itu pasukan Rusia dihadapkan pada kondisi kekurangan bahan bakar dan makanan. Mereka salah perhitungan, dari awalnya yakin bisa mengalahkan Ukraina dalam hitungan hari, namun ternyata sampai sepekan lebih.

Rusia tampaknya semakin mengandalkan serangan-serangan udara menggunakan rudal. Meski demikian, Ukraina terus mendapatkan pasokan persenjataan dari Barat, termasuk sistem pertahanan udara. Para pemimpin Ukraina menegaskan mereka membutuhkan lebih banyak senjata untuk merontokkan pesawat dan helikopter Rusia. Di samping itu rudal-rudal antitank seperti Zapelin tetap dipasok.

Kepala Staf Gabungan AS Mark A Milley, seperti dikutip dari The New York Times, Jumat (4/3/2022), mengatakan di medan perang, militer Ukraina menerapkan pertahanan sangat efektif dan bergerak berbekal pengetahuan medan wilayah sendiri untuk menahan pasukan Rusia di berbagai front.

Menurut dia, beberapa taktik yang digunakan pasukan Ukraina di antaranya menggunakan sistem senjata bergerak untuk mengganggu pergerahak pasuakn Rusia di mana pun mereka bisa. "Mereka bertempur dengan keterampilan dan keberanian luar biasa melawan pasukan Rusia," ujarnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut