JAKARTA, iNewsSerpong.id -- Xpander adalah model unggulan yang berkontribusi besar dalam penjualan Mitsubishi di Indonesia.
Mobil ini dirancang dan dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia sejak tahun 2017 dan diikuti oleh peluncuran Xpander Cross pada 2019.
Pada 2023, Mitsubishi kembali meluncurkan SUV kompak bernama Xforce yang juga dikembangkan di Indonesia, termasuk untuk tujuan ekspor.
Luncurkan Mobil Baru
Melihat pencapaian tersebut, Mitsubishi berencana untuk melanjutkan kesuksesan ini dengan meluncurkan mobil baru yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia tahun depan.
"Berdasarkan studi yang kami lakukan, tahun depan kami akan memperkenalkan satu produk baru yang eksklusif untuk pasar Indonesia," ungkpa President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita.
"Mobil ini akan dilengkapi dengan banyak fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," tambah Atsushi Kurita, di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.
Atsushi Kurita yakin bahwa mobil baru ini akan menjadi tulang punggung Mitsubishi, mirip dengan kesuksesan Xpander.
Pada tahun 2022, penjualan Xpander dan Xpander Cross mencapai lebih dari 270.000 unit dalam lima tahun, dengan rata-rata penjualan sekitar 50.000 unit per tahun dan pangsa pasar sebesar 25-30 persen.
"Saya percaya produk baru ini akan menjadi populer dan sukses besar layaknya Xpander," ujar Atsushi Kurita.
Ia juga menceritakan pengalamannya dalam pembangunan Xpander, termasuk terlibat langsung dalam survei ke rumah-rumah warga Indonesia untuk memahami preferensi mereka.
"Saya sangat bangga dengan proses tersebut, termasuk mencari lokasi pabrik," tambahnya.
Di sisi lain, MMKSI terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia melalui program layanan purna jual seperti Rainy Campaign dan Kilau Tahun Baru.
Program ini dihadirkan untuk memberikan ketenangan kepada pemilik kendaraan Mitsubishi di Indonesia.
“Melalui program ini, kami mendorong konsumen untuk rutin melakukan perawatan kendaraan agar tetap optimal, terutama dalam menghadapi musim hujan yang dapat membawa risiko tertentu. Dengan program spesial ini, pelanggan bisa memanfaatkan diskon suku cadang sesuai syarat dan ketentuan,” kata Director of After Sales Division MMKSI, Kazuto Azuma.
Rainy Campaign berlangsung dari 1 Desember 2024 hingga 28 Februari 2025, sedangkan Kilau Tahun Baru berlaku dari 1 Desember 2024 hingga 31 Januari 2025.
“Kami telah berpengalaman selama 55 tahun, yang memberikan kami pondasi kuat untuk memberikan layanan purna jual yang baik, didukung oleh jaringan yang luas dan kuat,” ungkap Kazuto Azuma.
Pasar otomotif di Indonesia semakin kompetitif dengan munculnya berbagai merek baru, terutama dari China.
Persaingan kini tidak hanya berkisar pada model kendaraan terbaru dengan harga bersaing, tetapi juga mencakup layanan purna jual, termasuk perawatan dan ketersediaan suku cadang. (*)
Editor : Syahrir Rasyid