get app
inews
Aa Read Next : Sebesar Rp2,3 Triliun Anggaran IKN Telah Terealisasi hingga Februari 2024

BREAKING NEWS : Jokowi Kemah di IKN, BMKG : Waspada Hujan Dan Petir

Senin, 14 Maret 2022 | 05:51 WIB
header img
Petugas persiapkan fasilitas di lokasi berkemah Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. (Foto : Antara)

BALIKPAPAN, iNewsSerpong.id – Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa hujan dan petir bakal mewarnai acara kemah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah gubernur di kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam peringatan dini BMKG Balikpapan menyebutkan, ada tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan dan petir selama dua hari, Senin dan Selasa (14-15/3/2022).

Karena itu, semua pihak diminta waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi bencana alam. "Pada Senin-Selasa, 14-15 Maret, dari 10 daerah di Kaltim, tujuh daerah di antaranya diprakirakan mengalami hujan petir," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita di Balikpapan, Minggu (13/3/2022).

Dampak dari hujan lebat disertai petir tersebut bisa menyebabkan beberapa hal seperti banjir, jalan licin, tanah longsor, pohon tumbang, dan lainnya, sehingga semua pihak diminta berhati-hati saat melakukan perjalanan.

Selain itu, peringatan dini terhadap prakiraan cuaca ini pun telah pihaknya sampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing daerah, untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

"Dari 10 daerah di Kaltim, hanya tiga daerah yang diprakirakan dalam keadaan cerah dan hujan ringan, yakni Kota Bontang, Balikpapan, dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Sedangkan tujuh daerah lainnya mengalami hujan petir," katanya. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut