get app
inews
Aa Read Next : Walikota Tangsel Benyamin Davnie Beberkan Capaian Ketahanan Pangan hingga Lingkungan

Untung Maksimal! 5 Investasi Terbaik untuk Semua Umur

Jum'at, 18 Maret 2022 | 15:52 WIB
header img
5 investasi terbaik untuk semua umur supaya untung maksimal. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

3. Reksa Dana

Investasi reksa dana juga merupakan investasi terbaik untuk semua umur. Ada beberapa jenis reksa dana yang bisa Anda pilih, mulai dari reksa dana pasar uang hingga reksa dana saham. Besar kecilnya keuntungan ataupun risiko, tergantung dari jenis reksa dana yang dipilih. Reksa dana pasar uang memiliki memiliki risiko minim, namun dengan imbal hasil yang lebih kecil dibanding reksa dana saham.

Sementara reksa dana saham memberikan keuntungan besar, namun risikonya tinggi. Investasi reksa dana pun mudah bagi pemula atau yang enggan repot karena dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi. Anda bisa membeli reksa dana di perusahaan sekuritas, bank, supermarket nonbank/lembaga keuangan, e-marketplace, hingga e-wallet dengan modal kecil, tergantung perusahaan tersebut, bahkan ada yang menawarkan mulai Rp10.000-an. Namun pastikan memilih perusahaan investasi yang memiliki reputasi dan bisa diandalkan supaya investasi Anda aman.

4. Saham

Saham menawarkan potensi pengembalian terbesar atas investasi Anda sekaligus mengekspos uang Anda ke tingkat volatilitas tertinggi. Karena risiko saham tinggi, investasi ini tidak cocok untuk investor pemula. Adapun modal yang diperlukan untuk berinvestasi saham tidak besar. Ada beberapa saham yang harganya murah, bahkan ada yang di bawah Rp50 per saham, sehingga hanya dengan Rp25.000, Anda sudah bisa membeli 1 lot. Dengan membeli saham, Anda menjadi pemilik perusahaan dan akan mendapatkan pembagian hasil (deviden) secara berkala.

Namun pilih saham perusahaan dengan fundamental baik dan masuk dalam indeksa acuan. Selain itu, lakukan diversifikasi ke sejumlah saham untuk menghindari kerugian jika saham terkoreksi. Nah untuk membeli saham, pilih broker terpercaya dengan reputasi baik.

5. Properti

Investasi di properti membutuhkan modal yang sangat besar karena membutuhkan perawatan dan biaya pajak yang tinggi mulai ratusan juta. Namun Anda bisa membelinya dengan cara mencicil atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Meski butuh biaya besar, investasi ini menjanjikan keuntungan yang besar karena harga tanah dan rumah selalu naik setiap tahunnya.

Selain itu, properti punya resiko yang rendah karena pergerakan nilai properti tidak sensitif seperti saham. Kendati demikian, properti tidak bisa dijual dengan cepat. Namun, selain menjual, Anda bisa menyewakannya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membeli properti untuk investasi agar nilainya terus naik dan Anda tidak rugi, yakni:

  • Pilih lokasi yang tepat dan bukan langganan banjir. Pemilihan lokasi strategis akan mempengaruhi harganya. Semakin dekat properti dengan pusat keramaian dan fasilitas lengkap maka harganya akan semakin mahal.
  • Siapkan dana, seperti biaya booking fee, uang muka, dan cicilan serta biaya tambahan.
  • Pilih pengembang terpercaya.
  • Cek harga pasar sebelum memutuskan membeli secara langsung atau online untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Cari tahu fasilitas internal dan eksternal yang disediakan pengembang di sekitar perumahan, seperti tempat ibadah, area olahraga atau bermain, rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran.

Itulah investasi terbaik untuk semua umur yang bisa Anda pilih. Selamat berinvestasi! (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut