get app
inews
Aa Read Next : Laris Manis, Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Terjual Sebanyak 3.000 Unit di India

Hati-hati Risiko Besar Mengintai, Ini Tips Aman Membeli Tanah Kavling

Selasa, 05 April 2022 | 12:26 WIB
header img
Investasi tanah sudah lama menjadi favorit, mengingat harganya yang selalu naik tiap tahun. Pengamat menerangkan, membeli lahan kosong (tanah) lebih banyak risikonya dibandingkan membeli rumah. (Foto/Ilustrasi : SINDOnews)

Selanjutnya, Anda juga harus jeli untuk melihat perkembangan lingkungan di sekitar tanah kavling. Tentunya, lokasi yang strategis akan menambah harga jual tanah di kemudian harinya.

Hindari membeli tanah kavling yang dekat dengan jalur sutet atau jalur listrik tegangan tinggi, jalur pipa gas, jalur kereta api, tepi sungai, dan wilayah rawan bencana.

4. Cek Luas dan Batas Tanah Kavling

Selanjutnya yang harus dilakukan saat membeli tanah kavling adalah melakukan pemeriksaan luas dan batas. Hal tersebut demi menghindari kerugian dan kesalahpahaman yang tidak diinginkan.

Bisa memastikan luas tanah kavling yang tertera di sertifikat sama dengan di lapangan. Jika ukuran tanahnya lebih dari 100 hektare, Anda bisa meminta bantuan kepada Kantor BPN di lokasi setempat.

5. Lihat Bujet atau Kondisi Keuangan

Paling penting sesuaikan dengan bujet atau kemampuan finansial, dalam membeli tanah kavling. Jika ingin membayarnya secara kredit, perkirakan juga seberapa lama estimasinya.

Jangan sampai salah menghitung dan membuat kredit Anda macet di tengah jalan. (*)

 

 



 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut