get app
inews
Aa Read Next : Jamaah Haji dan Umrah Perlu Amalkan, Doa Masuk Masjidil Haram

Tahun Ini Diperkirakan 106.000 Jamaah Haji Indonesia Berangkat Ke Tanah Suci

Selasa, 12 April 2022 | 11:42 WIB
header img
Ilustrasi jamaah haji. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Diperkirakan sebanyak 106.000 warga negara Indonesia akan berangkatkan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci tahun ini. Perkiraan jumlah calon jamaah haji 2022 itu masih dapat berubah.

"Kira-kira 106.000 jamaah paling banyak, bisa juga kurang dari itu," kata Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Senin (11/4/2022).

Yandri mengatakan jumlah tersebut adalah sebagian dari total jumlah calon jamaah haji 2022 yang mencapai 210.000 jamaah. "Sekitar 48 persen dari kuota awal Indonesia. Kalau dulu 210.000 jamaah yang berangkat, sekarang 48 persen dari 210.000 itu," ujar dia.

Kendati demikian, dia mengaku masih menunggu pengumuman resmi terkait kuota haji dari pemerintah Arab Saudi. "Tapi belum ada pengumuman resmi dari saudi. Walaupun belum ada kepastian dari Saudi tapi sudah kita hitung," tuturnya.

Kementerian Agama (Kemenag) RI hingga kini masih menunggu keputusan Kerajaan Arab Saudi terkait jumlah pasti kuota yang diberikan kepada Indonesia pada pelaksanaan haji 2022. Hal itu juga berlaku bagi negara lainnya, seperti Malaysia dan Pakistan.

“Kemenag masih harus menunggu informasi lanjutan terkait pembagian kuota dari pemerintah Saudi Arab terhadap negara muslim untuk jumlah jamaah haji yang bisa dikirimkan. Hingga hari ini belum ada jumlah resmi yang ditentukan," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Sabtu, 9 April 2022. (*)

 

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut