get app
inews
Aa Read Next : Siap-siap Ngecek Saldo Rekening, 7 Pantun Minta THR

THR Jokowi Rp 62 Juta Dan Ma'ruf Amin Rp 42 Juta, Begini Hitungannya

Senin, 18 April 2022 | 21:41 WIB
header img
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin juga mendapatkan THR sesuai aturan. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) sudah menandatangani peraturan mengenai pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13, serta tunjangan kinerja (tukin).

Sayangnya, Jokowi sendiri tak akan menikmati tukin itu, lantaran dalam struktur penghasilan presiden tak ada komponen tukin. Begitu pula dengan wakil presiden (Wapres). Meski demikian, Presiden dan Wapres tetap akan mendapatkan THR.

Lalu berapa THR yang diterima Jokowi dan Maruf Amin? Jumlah THR diberikan berdasarkan gaji pokok atau pensiunan pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok.

Aturan mengenai gaji presiden tertuang dalam UU No. 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administrasi Presiden dan Wakil Presiden dan PP No. 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tinggi Negara.

Dalam beleid itu disebutkan gaji Presiden ditetapkan sebesar enam kali gaji pokok pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakil presiden. Untuk wakil presiden, gaji yang diberikan adalah empat kali gaji pokok pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakil presiden.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut