get app
inews
Aa Read Next : Wacana KUA Layani Pernikahan Semua Agama, PGI Minta Menag Pertimbangkan Dengan Matang

Kemenag Pastikan Jamaah Haji Indonesia Dapat 3 Layanan Ini di Arab Saudi

Selasa, 10 Mei 2022 | 11:20 WIB
header img
Kemenag memastikan para jamaah haji reguler Indonesia akan mendapatkan tiga jenis layanan yaitu, akomodasi, konsumsi, dan transportasi di Arab Saudi. Foto/istimewa

Selanjutnya, untuk mobilitas jamaah di Arab Saudi, Kemenag siapkan tiga jenis layanan transportasi darat. Pertama, layanan angkutan antarkota. Untuk jamaah yang berangkat pada gelombang pertama, rute layanan ini adalah dari Bandara Madinah, Madinah, Makkah, lalu Bandara Jeddah.

Untuk jemaah gelombang kedua, rutenya Bandara Jeddah, Makkah, Madinah, lalu Bandara Madinah. "Untuk kenyamanan jamaah, kami siapkan bus dengan spesifikasi buatan tahun 2017 - 2021," ujar Subhan.

Kedua, layanan angkutan Shalawat. Bus ini akan memberikan layanan 24 jam selama jemaah ada di Kota Makkah. Bus akan mengantar jamaah dari hotel ke Masjidil Haram dan kembali ke hotel.

Ada lima rute yang telah disiapkan, yaitu: 1) Mahbasjin-Bab Ali, 2) Syisyah-Syieb Amir, 3) Raudhah-Syieb Amir, 4) Jarwal-Syieb Amir, dan 5) Misfalah-Jiad. Lalu untuk memudahkan jamaah, Kemenag juga siapkan halte bus pada tempat strategis di depan hotel sehingga mudah dijangkau.

"Kami siapkan petugas di setiap halte dan juga di setiap terminal terdekat Masjidil Haram. Ada juga call center pengaduan. Bus yang digunakan adalah jenis city bus dengan spesifikasi pembuatan tahun 2017 - 2021," tuturnya.

Ketiga, layanan angkutan Masyair. Bus akan melayani jamaah pada fase puncak haji di Mekkah. Jamaah jelang wukuf akan diberangkatkan dari hotel masing-masing menuju Arafah, Muzdalifah, dan Mina. “Khusus Armuzna, penyediaan bus terpusat, menjadi tanggung jawab Pemerintah Arab Saudi," kata Subhan. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 10 Mei 2022 - 01:14 WIB oleh Widya Michella dengan judul "Kemenag Pastikan Jamaah Haji Indonesia Dapat 3 Layanan Ini di Arab Saudi | Halaman 2". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://nasional.sindonews.com/read/764945/15/kemenag-pastikan-jamaah-haji-indonesia-dapat-3-layanan-ini-di-arab-saudi-1652119513/10

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut