get app
inews
Aa Read Next : Turun Drastis Penjualan Mobil Listrik Hyundai, Ini Ternyata Penyebabnya

Mini Cooper Dari Masa Ke Masa, Kendaraan Paling Populer Di Dunia

Sabtu, 14 Mei 2022 | 08:28 WIB
header img
Perkembangan Mini Cooper dari masa ke masa. (Foto : iNews.id/Komaruddin Bagja A)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bicara Mini Cooper selalu menarik untuk disimak. Pasalnya, Mini merupakan salah satu kendaraan dengan penjualan paling banyak di dunia. Dengan kata lain, kendaraan ini cukup populer.

Mini atau ditulis sebagai 'MINI'  adalah merek otomotif asal Inggris yang didirikan pada tahun 1969. Merek ini yang di kemudian hari berikutnya dimiliki oleh perusahaan otomotif Jerman BMW pada tahun 2000.

Dikutip iNews.id dari berbagai sumber berikut ini adalah perkembangan Mini Cooper dari masa ke masa. Perkembangan Awal Mini pada awal perkembangannya adalah kendaraan dua pintu yang yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 hingga 2000.

Mobil ini dirancang oleh Sir Alec Issigonis. Mobil ini dianggap sebagai ikon tahun 1960-an. Tata letak penggerak roda depan yang memungkinkan 80% luas lantai mobil dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi mempengaruhi generasi pembuat mobil.

Kata Mini telah digunakan sebagai nama model mobil tersebut sejak tahun 1959, dan pada tahun 1969 menjadi merek tersendiri menggantikan nama model mobil 'Austin Mini' dan 'Morris Mini'. 

Produsen British Motor Corporation (BMC),  pada tahun 1966 menjadi bagian dari British Motor Holdings yang kemudian bergabung dengan Leyland Motors pada tahun 1968 untuk membentuk British Leyland.

Model Mini saat itu termasuk di antaranya adalah Morris Mini-Minor dan Austin Seven, Countryman, Moke, 1275 GT dan Clubman .  Versi performa dari model ini menggunakan nama Cooper, karena kemitraan dengan legenda balap John Cooper. 

Pasalnya, Mini sempat  aktif dalam reli dengan nama 'Mini Cooper S' dan berhasil memenangkan Reli Monte Carlo pada tiga kesempatan, pada tahun 1964, 1965 dan 1967.

Inilah awal mula nama Mini Cooper semakin populer di dunia sebagai sebutan mobil Mini. Mini Mark I kemudian memiliki tiga pembaruan utama di Inggris yaitu Mark II, Clubman, dan Mark III.

Di dalamnya ada serangkaian variasi termasuk mobil estate, truk pickup, avan dan Mini Moke —kereta mirip jip . Perkembangan Mini Cooper Mulai Tahun 1990 Pada 1980-an, British Leyland dibubarkan dan pada 1988 Rover Group, termasuk Mini, diakuisisi oleh British Aerospace . 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut