get app
inews
Aa Read Next : Dahsyatnya Sambal Gami Borneo, Bikin Nagih Lagi

Beragam  Sambal Ala Indonesia, Hati-Hati Bisa Bikin Nafsu Makan Tak Terkendali

Minggu, 12 Juni 2022 | 20:50 WIB
header img
Beragam Sambal ala Indonesia.(Foto : MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sambal bisa menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat. Beragam jenis sambal di Indonesia begitu menggoda untuk dinikmati, khususnya untuk mereka pecinta pedas. Bagi pencinta pedas pasti belum lengkap rasanya jika makan tanpa sambal.

Menu apa pun terasa hambar bila belum dicocol sambal. Pada dasarnya masakan Indonesia sendiri sebenarnya sudah kaya akan bumbu dan rempah. Namun sensasi pedas dari sambal bisa meningkatkan cita rasa sebuah makanan. 

Jadi apapun jenis makanannya, sambal selalu dicari guna melengkapi hidangan. Berikut ini jenis-jenis sambal di Indonesia yang bisa Anda buat sendiri. Gampang pasti bikin nafsu makan karena ketagihan.

1. Sambal Terasi

Sambal terasi adalah sambal klasik yang paling umum dimasak keluarga Indonesia. Bahannya hanya aneka cabai (biasanya cabai merah), beberapa bumbu, plus terasi, diulek jadi satu di atas cobek.

Sambal ini bisa disandingkan dengan semua jenis masakan rumahan, mulai dari sayuran, gorengan, hingga daging.

2. Sambal Bajak 

Berbagai jenis sambal di Indonesia salah satunya sambal bajak. Sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Biasanya sambal bajak selalu disediakan dengan cuma-cuma di warung makan.

Meski menggunakan kata ‘bajak’, sambal ini tidak ada hubungannya dengan bajak laut. Banyak yang mengatakan, nama tersebut diberikan karena sambal ini dulunya menjadi menu yang disajikan oleh istri-istri para petani yang sedang membajak sawah. Karakter sambal bajak sendiri lekat dengan rasa pedas dan manis.

3. Sambal Matah 

Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris. Untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah ini khas dari Bali. Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali.


Sambal Matah (Foto : Ist)

Bahannya adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampur jadi satu.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut