HIKMAH JUMAT : Dahsyatnya Shalat

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Masih banyak umat muslim sering meninggalkan shalat wajib, menganggap shalat itu ibadah yang biasa-biasa saja. (Foto : Ist)

Penggugur Dosa

Shalat adalah penggugur dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan kita. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Shalat lima waktu dan shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya adalah penghapus untuk dosa di antaranya selama tidak melakukan dosa besar.” (HR. Muslim).

Baginda Rasulullah SAW juga bersabda: “Bagaimana pendapat kalian seandainya ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian, lalu dia mandi lima kali setiap hari? Apakah kalian menganggap masih ada kotoran (daki) yang tersisa padanya?”

Para sahabat menjawab: “Tidak akan ada yang tersisa sedikit pun kotoran padanya.” Lalu beliau bersabda: “Seperti itu pula dengan shalat lima waktu, dengannya Allah akan menghapus semua kesalahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Penentu Kebaikan Seluruh Amal

Shalat merupakan penentu kebaikan amal seorang muslim, sehingga shalat merupakan amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Jika baik shalatnya, maka amal yang lainnya pun dinilai baik, begitu pula sebaliknya.

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Perkara yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik maka seluruh amalnya pun baik. Apabila shalatnya buruk maka seluruh amalnya pun akan buruk.” (HR. Ath-Thabrani).

Baginda Rasulullah SAW juga bersabda: “Sesungguhnya yang pertama kali dihisab dari amal seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik maka dia telah berbahagia dan sukses, tetapi apabila shalatnya jelek maka ia telah celaka dan merugi.

Dan apabila ia kurang dalam melakukan shalat wajib maka Allah akan berkata: “Lihatlah apakah hamba-hamba-Ku memiliki shalat sunnah?” Lantas disempurnakan dengannya yang kurang dari shalat wajib itu. Kemudian yang demikian itu berlaku pula untuk seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Baihaqi).

Wallahu a’lam bish-shawab.


Sabar dan shalat laksana dua permukaan mata uang yang tak dapat dipisahkan. (Foto : Ist)  


Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network