GAC Aion Mampu Produksi 1 Mobil Listrik dalam 1 Menit

Wiwie Heriyani
Pabrik mobil listrik GAC Aion di Guangzhou China (Foto: MPI/Wiwie Heriyani)

GUANGZHOU, iNewsSerpong.id - Kini giliran pabrikan mobil listrik GAC Aion yang akan meramaikan pasar di Indonesia. Perusahaan otomotif asal China ini akan hadirkan mobil listrik canggih dengan energi baru di pasar Indonesia.

Pabrikan ini menggandeng mitra lokal Indomobil Group melalui kerjasama antara GAC New Energy Automobile dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

Pusat Manufaktur Cerdas

GAC Aion memiliki pusat manufaktur cerdas Aion di Guangzhou, China, yang mulai beroperasi pada 2019. Pabrik ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang mendukung percepatan produksi mobil listrik dan berkontribusi pada agenda keberlanjutan.

Baru-baru ini, MNC Portal berkesempatan mengunjungi langsung pabrik GAC Aion yang berlokasi di Guangzhou, China. Berikut sejumlah kecanggihan yang ditawarkan oleh pabrik mobil listrik asal China tersebut:

1.    Produksi 1 Mobil dalam 1 Menit

Tim MNC Media bersama beberapa media lain dipandu untuk mengunjungi pabrik GAC Aion di Guangzhou. Mereka menyebut pusat manufaktur ini mampu memproduksi 1 mobil listrik dalam waktu hanya 1 menit. Tak heran jika pabrik GAC Aion di Guangzhou dapat memproduksi hingga 3 juta unit mobil listrik per tahun.

Managing Director of GAC Aion South East Asia, Ma Haiyang, mengatakan bahwa pabrik yang akan mereka buka di Indonesia tidak sebesar di Guangzhou. Namun, ia memastikan bahwa kecanggihan pabrik di Indonesia tidak akan jauh berbeda dengan di Guangzhou.

“Pabrik di mana pun kualitasnya pasti sama. Sama ketatnya, tidak ada perbedaan kualitas. Nanti setelah bangun pabrik di Indonesia, engineer yang kelola semuanya diambil dari pabrik di China,” ujar Ma Haiyang, di Langham Place, Guangzhou, China, Selasa (29/5/2024) malam.

“Tapi, awalnya pabrik di Indonesia tak sebesar di Guangzhou. Di Indonesia, awalnya pelan-pelan saja, seiring dengan penjualan naik, nanti produksi bisa naik dan pabrik bisa membesar,” tambahnya.

2.    Fasilitas Fleksibel Baja dan Aluminium

Keunggulan utama Pusat Manufaktur Cerdas Aion adalah fleksibilitas dalam memproduksi bodi mobil dari baja dan aluminium menggunakan teknologi inovatif.

Misalnya, pertukaran rivet aluminium dan spot welding, serta jalur produksi campuran yang diklaim menghasilkan bodi mobil berkualitas tinggi dan lebih aman dari bahan ringan.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network