HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Keberkahan suatu rumah bukan ditentukan dari kemewahannya, harganya yang fantastis, ukurannya yang luas, bukan pula dari lokasinya yang strategis. (Foto: Ist)

Rumah Sebagai Tempat Ketenangan

Home sweet home. Itulah fungsi strategis rumah yang keempat, dimana rumah berfungsi sebagai tempat yang penuh dengan ketenangan (al-Maskanah). Rumah yang penuh dengan ketenangan adalah rumah yang memberikan ketenangan lahir bathin, sehingga suasananya selalu membuat kangen bagi seluruh penghuninya.

Betapa indahnya rumah yang berfungsi sebagai al-Maskanah. Keindahannya terlihat laksana bintang di malam hari. Sebagaimana sabda Baginda Rasulullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya rumah yang dibacakan di dalamnya Al-Qur’an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh penduduk langit sebagaimana bintang-bintang oleh penduduk bumi.” (HR. Ahmad).

Demikian pula dengan berdzikir (mengingat Allah). Berdzikir akan mampu menghadirkan suasana tenang di dalam rumah. Allah SWT berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’ad [13]: 28).  

Rumah Sebagai Tempat Silaturrahmi

Fungsi strategis rumah dalam Islam yang kelima adalah sebagai tempat bersilaturrahmi yakni tempat berkumpulnya keluarga, karib kerabat, saudara, tetangga dan handai taulan. Rumah yang berfungsi sebagai tempat bersilaturrahmi disebut sebagai al-Marham. 

Rumah yang berfungsi sebagai tempat silaturrahmi, memungkinkan bagi penghuninya untuk mendapatkan tiket masuk surga. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari diceritakan bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW: 

“Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku perbuatan yang akan memasukkan aku ke dalam surga.” Rasulullah SAW menjawab: “Engkau menyembah Allah Ta’ala dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturrahmi.” 

Itulah lima di antara fungsi strategis rumah di dalam Islam. Semoga kita mampu mewujudkan atau mengembalikan fungsi strategis rumah kita sesuai tuntunan Islam. Berkah, tenteram, bahagia berkumpul bersama dengan keluarga di dunia hingga berkumpul bersama nanti di akhirat kelak. (*)


Rumah yang berfungsi sebagai tempat silaturrahmi, memungkinkan bagi penghuninya untuk mendapatkan tiket masuk surga. (Foto: Ist)

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network