Inilah Daftar 10 Orang Terkaya Negeri Jiran Singapura

Aditya Pratama
Salah satu pendiri Meta Platforms, sebelumnya Facebook, Eduardo Saverin, menempati posisi teratas orang terkaya di Singapura. (Foto: Dok. B Capital)

SINGAPURA, iNewsSerpong.id - Salah satu pendiri Meta Platforms, sebelumnya Facebook, Eduardo Saverin menjadi orang terkaya Singapura untuk tahun kedua berturut-turut. Kekayaan bersihnya menyentuh 29 miliar dolar AS atau setara Rp446,26 triliun.

Kekayaan Saverin meningkat 13 miliar dolar AS atau setara Rp200 triliun dari tahun lalu karena saham Meta yang terus melesat.

Mengutip Singapore Business Review, kekayaan 50 orang terkaya di Singapura naik 10 persen pada tahun 2024 dibanding tahun lalu menjadi 195 miliar dolar AS dari 177 miliar dolar AS pada tahun lalu, menurut data Forbes.

Miliarder bersaudara berasal dari raksasa properti Far East Organization, Robert dan Philip Ng tetap berada di posisi kedua daftar orang terkaya di Singapura tahun ini meskipun kekayaan gabungan mereka turun menjadi 14,4 miliar dolar AS dari 14,8 miliar dolar AS.

Sementara, Ketua Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, Li Xiting tetap berada di posisi ketiga orang terkaya di Singapura meskipun kekayaan bersihnya menurun menjadi 13,4 miliar dolar AS dari 14 miliar dolar AS pada tahun 2023.

Posisi keempat ditempati oleh Kwek Leng Beng, maestro real estate dengan kekayaan bersih 11,5 miliar dolar AS. 

Terjadi perubahan dalam daftar 10 orang terkaya di Singapura dengan masuknya keluarga Wee di posisi ketujuh dengan kekayaan 7,8 miliar dolar AS. Keluarga tersebut terdiri dari ahli waris dari raksasa perbankan Wee Cho Yaw, yang merupakan Ketua Emeritus United Overseas Bank (UOB).

Putra sulung Wee, Wee Ee Cheong, adalah Wakil Ketua dan CEO UOB, sementara putranya Wee Ee Chao adalah Ketua pembuat Tiger Balm Haw Par dan pialang UOB Kay Hian. Putra bungsunya, Wee Ee Lim merupakan ketua pengembang properti UOL Group.

Ketua dan CEO Sea Ltd Forrest Li naik enam peringkat ke posisi ke-12 dengan kekayaan 5 miliar dolar AS dan COO Sea Ltd Gang Ye naik ke posisi ke-16 dengan harta 3,1 miliar dolar AS.

Sementara, CPO Shopee David Chen kembali ke jajaran orang terkaya setelah jeda satu tahun dan berada di posisi 50 teratas dengan kekayaan 870 juta dolar AS.

Dua wajah baru lain pada tahun ini adalah pengusaha hotel kelahiran China dan warga negara Singapura Ji Qi dengan kekayaan bersih 2,35 miliar dolar AS di posisi ke-23 dan mantan manajer dana lindung nilai George Raymond Zage III di posisi ke-48, yang memperoleh sebagian besar kekayaannya sebesar 900 juta dolar AS dari saham di aplikasi kencan LGBTQ Grindr.

Kekayaan 10 orang yang masuk dalam daftar menurun dan yang menonjol di antara kelompok ini adalah suami-istri Zhang Yong dan Shu Ping dengan harta 6,5 miliar dolar AS di posisi ke-10.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Singapura menurut data Forbes:

1. Eduardo Saverin (29 miliar dolar AS)
2. Robert & Philip Ng (14,4 miliar dolar AS)
3. Li Xiting (13,4 miliar dolar AS)
4. Kwek Leng Beng dan keluarga (11,5 miliar dolar AS)
5. Goh Cheng Liang (10,4 miliar dolar AS)
6. Keluarga Khoo (9,2 miliar dolar AS)
7. Keluarga Wee  (7,8 miliar dolar AS)
8. Kwee bersaudara (6,8 miliar dolar AS)
9. Leo KoGuan (6,7 miliar dolar AS)
10. Zhang Yong dan Shu Ping (6,5 miliar dolar AS)

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network