Ada Tetangga Indonesia, Ini Daftar 7 Negara Terkaya di Dunia 2024

Aditya Pratama
Daftar 7 negara terkaya di dunia 2024 diulas berdasarkan data PDB-PPP per kapita. Negara tetangga Indonesia, Singapura termasuk dalam daftar. (Foto: dok Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Daftar 7 negara terkaya di dunia 2024 akan diulas pada artikel ini. Dalam menyusun daftar negara terkaya berdasarkan produk domestik bruto (PDB) per kapita yang diperkirakan oleh Dana Moneter Internasional (IMF).

PDB merupakan parameter untuk nilai semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara. Namun, gambaran yang jauh lebih tepat tentang kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara adalah ketika memperhitungkan tingkat inflasi dan biaya produk dan jasa lokal.

Mengutip Forbes India, dengan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, maka diperoleh angka yang disebut PPP atau paritas daya beli. Meskipun ini mungkin masih belum menjadi statistik absolut untuk secara akurat menentukan peringkat negara-negara terkaya dan termiskin di dunia, peringkat PDB per kapita (dengan memperhitungkan PPP) masih dapat membantu kita memahami kekayaan yang dimiliki oleh berbagai negara.

Sementara itu, negara-negara yang lebih kecil seperti Luksemburg dan Singapura mendapatkan keuntungan dari sektor keuangan yang diatur dengan baik dan rezim pajak yang ideal untuk investasi asing ke dalam perekonomian mereka

Negara-negara yang lebih besar dan lebih kuat seperti Amerika Serikat (AS) dan China berada di peringkat lebih rendah dalam daftar ekonomi terkaya.

Negara Terkaya di Dunia 2024

Berikut daftar 7 negara terkaya di dunia 2024 berdasarkan PDB-PPP per kapita:

1. Luksemburg

Luksemburg merupakan salah satu negara Eropa yang relatif tidak terdampak pandemi Covid-19. Negara ini dikenal karena menggunakan kekayaannya untuk memastikan standar hidup, layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi masyarakat umum. 

Negara dengan PDB-PPP per kapita 143.740 dolar AS ini juga merupakan salah satu negara pertama yang menyediakan transportasi umum gratis sekaligus memiliki upah minimum tertinggi di dunia.

2. Makau

Makau merupakan wilayah administratif khusus di bawah China dan kekayaannya sebagian besar berasal dari lebih dari 40 kasinonya, sekaligus menjadikan salah satu tujuan wisata terbesar di seluruh dunia. Daerah Administratif Khusus Makau adalah pos koloni Eropa pertama dan terakhir di Asia. 

Meski Makau terdampak selama krisis Covid-19 dengan pembatasan perjalanan dan karantina wilayah, ekonominya sudah mulai pulih dengan cepat karena pendekatan kapitalisnya yang berbeda dengan hukum daratan China. PDB-PPP per kapita Makau diketahui mencapai 134.140 dolar AS.

3. Irlandia

Setelah krisis keuangan besar tahun 2008, Irlandia berupaya keras untuk mereformasi industri perbankannya. Negara ini memulai langkah-langkah seperti pemotongan upah sektor publik untuk mengembalikan ekonominya ke kondisi saat ini. 

Negara dengan PDB-PPP per kapita 133.900 dolar AS ini merupakan salah satu surga pajak perusahaan terbesar di dunia, dengan perusahaan multinasional seperti Apple, Google, dan Microsoft menyumbang lebih dari 50 persen bagi ekonomi Irlandia dalam beberapa tahun terakhir.

4. Singapura

Singapura adalah salah satu pusat bisnis dan perdagangan terbesar di dunia. Negara ini memiliki banyak individu dengan kekayaan bersih tinggi di antara penduduknya. 

Ekonomi negara ini telah mengalami beberapa pukulan beruntun dalam beberapa tahun terakhir, dibuka dengan pandemi Covid-19 dan ekonomi China yang terpuruk menjadi mitra dagang penting bagi sektor manufaktur Singapura. PDB-PPP per kapita negara tetangga Indonesia ini mencapai 133.740 dolar AS.

5. Qatar

Qatar sebagian besar diuntungkan oleh cadangan sumber daya alamnya. Negara dengan PDB-PPP per kapita 112.280 dolar AS ini memiliki cadangan gas terbesar ketiga di dunia. Cadangan minyak dan gas alam Qatar sangat besar dibandingkan dengan populasinya, yang berkontribusi pada peringkat tingginya di antara negara-negara terkaya. 

Selain itu, Qatar juga meningkatkan ekonominya di sektor lain seperti menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2022 yang memberikan dorongan besar bagi pariwisata dan ekonomi Qatar.

6. Uni Emirat Arab (UEA)

UEA memiliki ekonomi terbesar ketiga di Timur Tengah setelah Turki dan Arab Saudi. UEA sangat diuntungkan oleh sumber daya alamnya, tetapi tidak memiliki sungai permanen. Hanya 20 persen dari total populasi di wilayah ini yang benar-benar penduduk asli, sisanya tertarik oleh manfaat ekonomi seperti gaji bebas pajak. 

Selain itu, sektor hidrokarbon, pariwisata, keuangan, dan konstruksi turut menguntungkan UEA. Negara dengan PDB-PPP per kapita 96.850 dolar AS ini bekerja keras untuk menjadi pusat sosial dan budaya seperti menjadi tuan rumah Dubai Expo 2020 dan berencana menggelar Expo lainnya pada 2025.

7. Swiss

Selain menjadi salah satu pusat wisata terbesar di dunia, negara dengan PDB-PPP per kapita 91.930 dolar AS ini juga memiliki sektor keuangan yang gemerlap. Negara ini juga diuntungkan oleh ekspor logam mulia, instrumen presisi, dan mesin seperti komputer dan perangkat medis. 

Sekitar 74 persen dari PDB Swiss berasal dari sektor jasa dan 25 persen dari industri, dengan kurang dari satu persen dari sektor pertanian. Selain itu, Swiss juga memiliki tarif PPN terendah di Eropa.

Demikian ulasan 7 negara terkaya di dunia 2024 berdasarkan PDB-PPP per kapita. Semoga menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network