Rugikan Negara Rp1,3 Miliar, Eks Kades di Tangerang Korupsi Anggaran Desa

Riyan Rizki Roshali
Kasat Reskrim Polresta Tangerang, Kompol Arief Nazaruddin Yusuf. (Foto: Riyan Rizki)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Mantan Kepala Desa Gembong, Balaraja, Kabupaten Tangerang, berinisial AH (50) diamankan pihak polisi.

Penangkapan dilakukan oleh Polresta Tangerang karena AH diduga terlibat tindak pidana korupsi anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), dengan perkiraan kerugian negara mencapai Rp1,3 miliar.

Kasat Reskrim Polresta Tangerang, Kompol Arief Nazaruddin Yusuf, menjelaskan bahwa AH ditangkap pada Senin (16/9/2024) di kawasan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak.

Kerugian Keuangan Desa

“Tindakan yang dilakukan AH tidak direalisasikan dalam pekerjaan, sehingga menyebabkan kerugian keuangan desa tahun 2018 sebesar Rp1.381.321.563 dari total penarikan Rp2.447.822.694,” ungkap Arief pada Jumat (27/9/2024).

Lebih lanjut, Arief menyebutkan bahwa AH menjabat sebagai Kades Gembong pada periode 2013-2019 dan diduga telah menyelewengkan anggaran desa tahun 2018 untuk kepentingan pribadi.

“Keuntungan pribadi yang diterima AH bersumber dari APBDes Gembong tahun anggaran 2018 yang digunakan untuk hiburan malam, belanja pakaian, jam tangan berbagai merk, dan untuk membayar hutang,” jelasnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network